Innalillahi, Waled Kama Tutup Usia


Aceh Timur - Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Kabar duka tersiar tatkala berhembus kabar perihal wafatnya salah satu ulama kharismatik Aceh, Tgk. H. Kamaluddin Bin Tgk. Muhammad Arbi, Kamis (6/6/2019).

Sosok yang akrab disapa Waled Kama itu menghembuskan nafas terakhirnya setelah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Zubir Mahmud di Idi, Kabupaten Aceh Timur akibat komplikasi penyakit yang selama ini dideritanya.

Waled Kama tutup usia sekitar pukul 15.45 WIB sore tadi. Jenazah almarhum saat ini telah dibawa pulang ke rumah duka di Dayah Darussa’adah, Desa Alue Bu Jalan, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur.

Menurut informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Waled Kama lahir di Seuneubok Pidie, Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara pada tahun 1952 atau 67 tahun silam.

Selain mengajar ilmu agama di Dayah Darussa’adah Alue Bu yang dipimpinnya sejak tahun 1980, semasa hidupnya beliau juga sangat aktif di berbagai kegiatan seperti Mudzakarah Ulama dan sebagainya.

Sejumlah ulama yang pernah menjadi gurunya yakni Abu H. Mahmud Simpang Ulim, Abu H. Abdul Wahab Idi Cut, Abu Tanoh Mirah dan Abu Teupin Raya, selaku pimpinan pusat Dayah Darussa’adah.

Selain itu, Tgk. H. Ilyas (Abi Matang Kumbang) dan Tgk. H. M. Ali (Abu Paya Pasi) adalah nama-nama yang pernah menjadi murid beliau semasa memimpin Dayah Darussa’adah Julok, Kabupaten Aceh Timur. (klikkabar)

0 Komentar

close