Breaking News

Explore Samarkilang I, Ini Kata Kadispar Bener Meriah


Aceh Tengah - 20 orang dari berbagai elemen olahraga ekstrime Arung Jeran sukses menyusuri derasnya aliran sungai Jambo Aye, mulai dari Serule Aceh Tengah hingga Samarkilang Bener Meriah sejauh lebih kurang 60 Km, dalam waktu 2 hari 2 malam.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pariwisata Bener Meriah, Riswandika Putra, mengapresiasi langkah tersebut sebagai upaya menggali potensi–potensi wisata di daerah itu.

“Kita sangat mendukung upaya itu. Terlebih, dengan adanya susur sungai bertajuk explore Samarkilang 1, diharapkan dapat memetakan semua potensi, khususnya potensi wisata di daerah tersebut,” kata Riswandikan, Sabtu 27 Juli 2019.

Dilanjutkan, selama ini banyak potesi yang belum tergali di daerah Samarkilang, diantaranya wisata alam arung jeram, ekowisata marga satwa, pemancingan dan camping alam bebas.

“Semua potensi–potensi itu, dengan adanya kegiatan ini, kita harapkan nantinya akan bisa mendukung perekonomian masyarakat disana lewat daerah tujuan wisata baru di dataran tinggi Gayo ini,” tegas Riswandika.

Sebelumnya, Camat Syiah Utama, Khalisuddin yang turut serta menjadi satu dari 20 orang yang ikut dalam ekspedisi itu mengatakan, sebagai pimpinan wilayah di Kecamatan Syiah Utama berkewajiban mengetahui situasi dan kondisi wilayah yang dipimpinnya.

“Misi berjalan lancar walau penuh tantangan alam bebas. Ini semua tentu karena kerjasama tim yang baik,” ungkapnya.

Dijelaskan, sepanjang perjalanan pemandangan sangat indah dengan karakter alam beragam. Hutan pinus, hutan tropis, karang terjal serta batu–batu besar.

“Eksotis air terjun juga menghiasi perjalanan, dan tentu saja berbagai jenis ikan masih mudah didapatkan dengan cara menjala atau memancing,” jelasnya.

Lain itu satwa seperti berbagai jenis burung, landak dan lain–lain ditemui di sepanjang perjalanan.

“Kita akan coba mengemas paket wisata ini dan wisata–wisata lain, tentu setelah melengkapi data–data terkait potensi wisata Samar Kilang yang berjuluk Tanah Pejuang,” tandas Khalisuddin.

Adapun komponen pendukung misi tersebut diantaranya dari Dinas Pariwisata Bener Meriah, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Aceh Tengah dan Bener Meriah, Komunitas Agro dan Ekowisata Dataran Tinggi Gayo (Komatiga), Gayo Adventure serta Forum Reje dan pemuda Samarkilang.


No comments