Breaking News

Polri Pastikan Tak Ada Korban dalam Aksi di Jayapura


Jakarta - Polri memastikan tak ada korban dalam aksi tolak tindakan kerusuhan di Jayapura, Papua pada hari ini, Kamis (29/8). Aksi itu telah berlangsung dari pagi hingga berujung ricuh pada sore hari.

"Sampai dengan hari ini update, tidak ada krlorban dari aparat maupun dari masyarakat. Karena memang awalnya kondusif," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kamis (29/8) malam.

Massa aksi telah membubarkan diri jelang malam, namun Dedi sendiri belum bisa memastikan spesifik pergerakan massa itu.

"Wah saya belum (dapat update) ya, yang jelas massa membubarkan sampai dengan malam ini sebagian besar kembali ke rumah masing–masing," paparnya.

Dilansir Antara, sekitar pukul 18.00 WIT massa mulai membubarkan diri setelah aparat gabungan TNI dan Polri 'memulangkan' massa dengan menggunakan gas air mata. Sementara itu, sekitar pukul 18.30 WIT kondisi kawasan itu berangsur pulih.

Unjuk rasa tersebut menimbulkan kerusakan material di berbagai tempat dari Sentani, Abepura, Kotaraja hingga Jayapura. Massa pengunjuk rasa sebelumnya sempat melakukan pembakaran beberapa gedung dan pertokoan sepanjang Abepura, Entrop dan Jayapura lalu bangunan Kantor Telkomsel dan Pos Jayapura.

Bangunan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua, RS Provita Jayapura, Mall Jayapura, dan pertokoan yang berada di sekitarnya juga dilempari dan dirusak massa.


No comments