Breaking News

BMKG: Suhu Udara di Aceh Capai 36 Derajat Celcius, 8 Titik Panas Masih Terdeteksi


Banda Aceh - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh memprediksi kondisi cuaca di Provinsi Aceh pada umumnya cerah berawan, Kamis (5/9/2019).

"Prakiraan cuaca pagi ini Aceh berawan pagi hari. Berkabut di bagian barat, timur dan Utara. Kemudian berpotensi hujan pada malam hari," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Rasyita Azhara Lubis kepada RRI, Kamis (5/9/2019) pagi.

Dia menyebutkan, suhu udara diprediksi antara 24 hingga 36 Derajat Celcius. Dengan suhu udara yang terbilang panas ini memungkinkan bisa terjadi potensi kebakaran baik di pemukiman maupun kebakaran hutan dan lahan.

"Kita mengimbau agar masyarakat jangan membakar sampah sembarangan tanpa adanya pengawasan, hindari juga membuang puntung rokok sembarangan karena juga bisa menjadi penyebab kebakaran," imbaunya.

Sementara untuk kondisi gelombang di perairan Aceh, jelas Rasyita, masih tergolong aman, namun nelayan juga diminta waspada khususnya di wilayah barat selatan Aceh dengan ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 3 meter.

"Kalau di wilayah perairan Banda Aceh–Sabang ketinggian gelombang diprediksi mencapai 2 meter, sementara di wilayah barat Aceh mencapai 3 meter," ujarnya.

BMKG sejak Rabu (4/9/2019) juga mendeteksi adanya 8 titik panas yang tersebar di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Hingga pagi ini, BMKG belum memperoleh data terbaru terkait sebaran titik panas.

"Untuk update titik panas baru nampak jam 12 siang atau jam 17 sore. Kalau di bawah jam 12 siang, yang muncul masih titik panas yang kemarin (Rabu)," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad yang dihubungi RRI terpisah.


No comments