AS Klaim Telah Mengubur Jasad Abu Bakr al–Baghdadi di Laut


Jasad pemimpin ISIS Abu Bakr al–Baghdadi disebut telah dikubur di laut dan mendapatkan upacara keagamaan sesuai tata cara Islam. Hal ini diungkapkan oleh tiga pejabat Amerika Serikat yang tak ingin disebut identitasnya.

Dilansir dari Reuters, Selasa (29/10/2019), pejabat AS tersebut tidak membeberkan tempat upacara dilakukan atau berapa lama berlangsung. Dua pejabat mengatakan mereka yakin jenazah Baghdadi dikirim ke laut dari pesawat terbang.

Sebelumnya Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley mengatakan bahwa militer AS membuang jasad Baghdadi dengan tepat.

"Sesuai dengan [prosedur operasi standar] kami dan sesuai dengan hukum bersenjata konflik," kata Milley.

Miley menuturkan jasad Baghdadi diangkut ke fasilitas yang aman untuk mengonfirmasi identitasnya dengan tes DNA forensik.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pada Minggu (27/10/2019) bahwa Baghdadi telah tewas dalam operasi militer AS. Ia mengatakan pemimpin ISIS itu meledakkan diri hingga tewas dengan rompi yang dilengkapi bom.

Baghdadi meledakkan diri saat tentara AS berupaya mendekati pimpinan ISIS tersebut. Dia dilaporkan tewas bersama dua istrinya, namun rompi bunuh diri istrinya tidak meledak. Tiga anaknya juga tewas ketika al–Baghdadi meledakkan bom bunuh diri di terowongan buntu.

Uji DNA yang dilakukan di lokasi kejadian membenarkan informasi bahwa Baghdadi tewas.

0 Komentar

close