Breaking News

Mobil Angkut Warga Sikundo Terguling di Gunung Tokpung


Meulaboh - Satu unit mobil pick up mengangkut masyarakat terguling saat menaiki tanjakan Gunung Tokpung berjarak sekitar 3 kilometer dari Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, pada Sabtu (5/10/2019) siang.

Mobil tersebut membawa masyarakat Desa Sikundo untuk berbelanja ke pasar yang berada di pusat kota Kecamatan Pante Ceureumen, beruntung tidak ada korban jiwa karena warga berhasil turun sebelum mobil tersebut mundur dan terjungkal balik.

"Untunglah masyarakat sudah turun dulu sebelum mobil menaiki tanjakan, sopirnya selamat juga saat mobil terjungkal balik di gunung," kata Keuchik atau Kepala Desa Sikundo, Jauhari, saat dihubungi wartawan.

Masyarakat Desa Sikundo, hanya bisa keluar dengan kendaraan seperti demikian di saat ada kegiatan pasar di pusat kecamatan, sebenarnya tanjakan Gunung Tokpung itu tidaklah tinggi, hanya saja medan jalan sangat becek setelah diguyur hujan.

Di sana tidak tersedia jaringan telkom, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, lokasi kejadian tepatnya pada satu pegunungan kecil yang menghubungkan antara Desa Sikundo dan Desa Jambak, Kecamatan Pante Ceureumen.

"Pemerintah daerah sebelumnya sudah berjanji akan membangun jalan ini, tapi hingga Oktober 2019 belum ada tanda – tanda. Saat ini sedang berlangsung pembangunan rumah CAT, jalan ini juga menghambat proses pembangunan," jelasnya lagi.

Jauhari, menyampaikan, Pemkab Aceh Barat telah menyampaikan segera membangun jalan lintas desa tersebut sepanjang 10 km, warga pedalaman di Aceh ini berharap janji tersebut segera direalisasikan hendaknya.

Terlebih lagi saat ini tengah berlangsung pembangunan rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) program Kementrian Sosial RI yang dibawa oleh Pemprov Aceh, untuk 39 kepala keluarga masyarakat yang tinggal di kawasan pedalaman itu.

No comments