Breaking News

Indonesia Kecam Keras Klaim AS Soal Pemukiman Israel di Palestina

Foto: The Independent

Pemerintah Indonesia secara tegas menolak klaim Amerika Serikat yang menyatakan bahwa pemukiman Israel di Tepi Barat Palestina tidak bertentangan dengan hukum internasional. Penolakan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Retno mengatakan bahwa aktivitas yang dilakukan Israel tidak bisa dipandang ‘benar’ secara hukum.

“Kami tidak dapat menerimanya karena pemukiman Israel di kawasan Palestina berlawanan dengan hukum internasional dan keseluruhan resolusi Dewan Keamanan (DK) PPB. Kami akan berkosnultasi mengingat isu Palestina kian suram tiap harinya,” kata Retno, dilansir dari SINDO News, Rabu (20/11).

Menurut Retno, konflik antara Israel dan Palestina sama sekali belum menemukan titik temu menyusul intervensi yang dilakukan banyak pihak. Pihak–pihak yang ikut campur ini dinilai membuat negosiasi kedua negara menjadi semakin alot.

Tidak hanya itu, Retno juga menyoroti pernyataan Amerika Serikat yang sebelumnya menyebut bahwa Jerusalem merupakan ibu kota Israel dan memindahkan perwakilan diplomatiknya di wilayah tersebut.

“Lalu apa yang tersisa untuk dinegosiasikan? Ini yang membuat kami kahwatir,” tambah Retno.(*)

No comments