Tol Pekanbaru–Dumai Seksi I Ditarget Selesai Tahun Ini


PT Hutama Karya (Persero) mengharapkan pembangunan seksi I Tol Dumai dapat selesai pada akhir tahun ini.

"Seksi I sepanjang 9,50 km InsyaAllah bisa selesai akhir tahun 2019 ini,” ujar Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan melalui keterangan resmi, Selasa (3/12/2019).

Fauzan menjelaskan bahwa seksi II, III dan IV masih dalam tahap penyelesaian pembebasan lahan keseluruhan, sedangkan seksi V dan VI pembebasan lahan telah selesai sehingga dapat dikebut untuk pembangunan konstruksinya.

"Panjang keseluruhan ruas Tol Dumai 131km yang terbagi menjadi 6 seksi, dengan progres pembangunan konstruksi rata mencapai 77 persen," katanya.

Hutama Karya menargetkan ruas Tol Dumai sepanjang 131 km tuntas pembangunan konstruksinya dan siap beroperasi pada Maret 2020.

Tidak hanya hanya membangun fisik jalan tol saja, uniknya, Hutama Karya juga membangun enam perlintasan gajah di ruas tol Dumai ini, tepatnya di seksi IV yaitu daerah Kandis Utara dan Duri Selatan.

Riau sendiri memiliki populasi gajah Sumatera yang merupakan satwa yang dilindungi saat ini, tersisa 210 ekor pada tahun 2007. Pembangunan Perlintasan Gajah ini dilakukan karena daerah tersebut merupakan daerah jelajah gajah, di mana nantinya setelah rampung, perlintasan tersebut akan dinaturalisasi, dikembalikan seperti semula, dengan ditanami tanaman yang disukai oleh gajah.

Diresmikannya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggi Pematang Kayu Agung sepanjang 189 km, menambah panjang daftar ruas Tol Trans Sumatera yang beroperasi. Menyambung dari ruas Tol Terbanggi Besar dengan Panjang 140 km, Lampung hingga Kayu Agung, Palembang kini dapat ditempuh dalam waktu rata 4–5 jam saja.

Tidak hanya fokus pembangunan konstruksi di selatan Pulau Andalas, Sumatera, PT Hutama Karya juga terus membangun ruas prioritas lainnya, sehingga
nantinya pada 2024, Lampung hingga Aceh sepanjang 2.765km yang terdiri dari 24 ruas dapat tersambung dan beroperasi dengan penuh.

0 Komentar

close