TNI Kerahkan Kapal dan Jet Tempur di Natuna, Cina Harap RI Tetap Tenang


TNI telah mengerahkan jet tempur dan kapal perang ke Perairan Natuna, Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia yang dimasuki kapal pencari ikan dan coast guard Cina. Kini Cina berharap Indonesia untuk tenang.

"Cina berharap Indonesia akan tetap tenang," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Geng Shuang, dalam keterangan pers reguler, dilansir detikcom dari situs Kemlu Cina, Kamis (9/1/2020).

Pernyataan Geng tersebut disampaikannya untuk menjawab pertanyaan perihal reaksi Cina terhadap keberadaan jet–jet tempur dan kapal perang Indonesia di Natuna. Geng juga menegaskan kembali kedaulatan Cina di Kepulauan Nansha, atau biasa juga disebut Kepulauan Spratly, serta perairan di sekitarnya yang terkait.

Soal masalah yang ada di Natuna, Geng menyatakan Cina akan mengedepankan cara–cara yang baik tanpa merusak hubungan bilateral.

"Kami akan menangani perbedaan dengan Indonesia dengan cara yang baik dan menjaga hubungan bilateral, juga menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Faktanya, kami telah menjalin kontak satu sama lain membahas isu ini lewat saluran diplomatik," tutur Geng. dtc

0 Komentar

close