Breaking News

Sertijab Kapolda Aceh Berlangsung Hikmat


Setelah melakukan serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Aceh di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan yang dipimpin Kapolri, Jenderal Polisi Idham Aziz, Selasa (11/2/2020) lalu, kini Polda Aceh menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka sertijab Kapolda Aceh di Mapolda Aceh, Selasa (18/2/2020).

Sertijab Kapolda Aceh ini dilakukan dari Irjen Pol Rio S Djambak yang telah menduduki posisi baru sebagai Kasespim Lemdiklat Polri kepada pejabat baru Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

Serangkaian kegiatan sertijab Kapolda Aceh ini dimulai dengan kedatangan Kapolda Aceh bersama Ketua PD Bhayangkari Aceh dan didampingi sejumlah Pamen yang tiba di Mapolda Aceh disambut dengan jajar hormat.

Kemudian, para jenderal beserta rombongan disambut dengan pengalungan bunga oleh Polisi Cilik, penghormatan oleh Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Supriyanto Tarah dan disuguhkan dengan tarian Ranup Lampuan.

Sembari berjalan menuju Lobi Utama Mapolda Aceh, Wakapolda memperkenalkan para pejabat Polda Aceh terdiri dari Irwasda, para Pejabat Utama dan Kapolresta/Kapolres jajaran Polda Aceh kepada Kapolda Yany baru.

Pengenalan ini dilakukan sambil diiringi bacaan shalawat badar yang dikumandangkan oleh personel Polda Aceh yang berada di samping kiri dan kanan jalan menuju Lobi Utama. Setiba di Lobi, Kapolda Aceh melanjutkan acara ramah tamah dengan Kasespim Lemdiklat Polri di Ruang kerja Kapolda Aceh.

Kapolda Aceh dan Kasespim Lemdiklat Polri menggelar paparan laporan kesatuan dan penyerahan memori serah terima Kapolda Aceh di Ruang Teleconference Lantai II yang dihadiri Irwasda, para Pejabat Utama dan Kapolres/Kapolresta jajaran.

Lalu, Kapolda Aceh dan Kasespim Lemdiklat Polri mengikuti acara serah terima Ibu Asuh Polwan yang digelar di Aula Machdum Sakti Lantai 3 Mapolda Aceh yang dihadiri Irwasda, Para Pejabat Utama dan Kapolres jajara Polda Aceh serta jajaran Polwan Polda Aceh.

Kapolda Aceh dan Kasespim Lemdiklat Polri lalu menghadiri upacara serah terima Pataka Polda Aceh "Machdum Sakti" dan Farewell Parade Kapolda Aceh yang digelar di lapangan serta peserta upacara yang dihadiri Irwasda, Para Pejabat Utama, Para Kapolres Jajaran, PD Bhayangkari Aceh, Pamen, Pama, Bintara dan PNS Polda Aceh.

Upacara itu, diawali dengan pembacaan shalawat badar kemudian menyanyikan lagu Mars Polri, serah terima Pataka Polda Aceh dan sambutan Irup Kasespim Lemdiklat Polri yang merupakan pejabat lama dan sambutan Kapolda Aceh yang baru. Upacara itu diakhiri dengan pembacaan doa.

Seusai itu, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan kenal pamit Kapolda di Aula Serbaguna. Lalu, digelar acara tradisi pelepasan Kasespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol Rio S Djambak beserta ibu mulai dari Aula Serbaguna yang ditandai dengan pedang pora.

Selain itu, penarikan mobil yang ditumpangi Kasespim Lemdiklat Polri dan Ibu oleh para Kapolres jajaran Polda Aceh meninggalkan Mapolda Aceh serta diiringi dengan shalawat badar yang dikumandangkan oleh Personil Polda Aceh yang berbaris di sisi kiri dan kanan jalan keluar Mapolda Aceh.

Menjelang keluar Mapolda Aceh, Kasespim Lemdiklat Polri beserta Ibu dilepas dengan acara Pedang Pora dan pelepasan oleh Kapolda Aceh, Wakapolda, Irwasda dan Para Pejabat Utama Polda Aceh untuk menuju ke rumah dinas kediaman Kapolda Aceh.

Sebelumnya, Sekda Aceh, Taqwallah beserta jajaran menyambut kedatangan Irjen Pol Wahyu Widada yang tiba bersama istri di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (17/2/2020).

Kedatangan mantan Kapolda Gorontalo ini disambut siang kemarin dengan tarian yang kemudian menjalani prosesi Peusijuk (tepung tawar) di Ruang VVIP Bandara SIM.

Profil singkat Irjen Pol Wahyu Widada:

1. Sebelum menggantikan Komjen Pol Rio S Djambak yang kini menjabat sebagai Kasespim Lediklat Polri, Irjen Pol Wahyu Widada menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

2. Pernah menjabat sebagai Wakapolda Riau dan merupakan alumnus Akpol 1991 dengan meraih Adhimakayasa.

3. Pernah menjabat sebagai Kapolres Pekalongan tahun 2009 dan sempat ditunjuk sebagai Sespri Kapolri.

4. Setahun kemudian, Wahyu Widada dimutasikan menjadi Kapolres Tangerang Kabupaten dan pada tahun 2011 menjadi Kapolres Metro Tangerang.

5. Tahun 2013, menjadi Dir Reskrimsus Polda Banten dan tahun 2014 kembali ditarik ke Bareskrim Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Tipidter. Karirnya menanjak saat menjadi Staf Kepresidenan (Pamen Bareskrim).

6. Tahun 2016, Wahyu Widada menjadi Kabagren Rojianstra SSDM Polri, kemudian menjadi Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Kemahasiswaan STIK/PTIK.

7. Tahun 2017, Jenderal bintang dua ini Kepala Biro Kajian Strategi (Karojianstra) SSDM Polri.

Profil singkat Irjen Pol Rio S Djambak:

1. Tahun 2016 menjadi Kapolda Aceh menggantikan Irjen Pol Husein Hamidi yang memasuki masa pensiun. Dimana, sebelumnya Rio menjabat sebagai Wakapolda Aceh.

2. Lulusan Akpol tahun 1987 ini pernah bertugas di Polres Aceh Selatan pada tahun 1987 dan 1988. Sempat menjabat sebagai Kapolsek Kluet Utara hingga tahun 1989.

3. Tahun 1990–1992, Rio menjabat sebagai Wadanki Sat Brimob Dit Samapta Polda Aceh. Tahun 2003, ia menyelesaikan pendidikan Sespim Polri dan bertugas sebagai Wadansat Brimob Polda Riau dan Dansat Brimob Polda Maluku.

4. Di Polda Jambi, Sumate Selatan dan Maluku, perwira yang meraih pangkat Brigjen Pol pada 26 September 2013 ini juga sempat ditugaskan sebagai Kasat Brimob, antara tahun 2003 hingga 2010.

5. Tahun 2010, Rio S Djambak mengikuti Sespati. Sebelum menjadi Wakapolda Aceh, ia juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah dan Wakakor Brimob Polri. ()

No comments