Breaking News

Polisi Semprot Disinfektan di Masjid Raya Baiturrahman


Personil Polda Aceh bersama Polresta Banda Aceh melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan dan dalam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (20/3). Hal ini dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid–19).

"Sebanyak 14 personil Polri yang sudah dilatih melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan dan dalam Masjid Raya Baiturrahman pada Jumat pagi," ujar Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Ery Apriyono.

Turut hadir dalam penyemprotan itu Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol. Trisno Riyanto, bersama sejumlah perwira Biddokkes dan Den Gegana Satbrimob Polda Aceh.

"Personil Polri yang melakukan pencegahan virus Corona di masjid tersebut berasal dari Biddokkes, Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh," jelasnya.

Tujuan penyemprotan disinfektan ini untuk mengantisipasi virus Covid–19 dan menjaga kebersihan di lingkungan Masjid Raya Baiturrahman sehingga masyarakat nyaman saat beribadah terutama untuk melaksanakan salat Jumat.

Sebelumnya, Polresta Banda Aceh juga melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Baitul Musyahadah atau Masjid Kupiah Meukeutop Teuku Umar, Seutui, Banda Aceh, Kamis (19/3) siang.
Tim Polresta Banda Aceh yang diterjunkan melakukan penyemprotan disinfektan mulai bagian depan dan taman masjid, halaman, bagian dalam, lantai dua dan seluruh ruangan Badan Kemakmuran Masjid (DKM) juga tempat wudhu dan toilet.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, mengatakan hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid–19.

"Penyemprotan dilakukan supaya Polresta Banda Aceh ikut melakukan pencegahan virus Corona, yang sekarang kita ketahui merebak dan cukup mencekam. Kita hadir berpartisipasi melaksanakan surat edaran Pemerintah Pusat, Pemerintah Aceh dan Pemko Banda Aceh," ujarnya.

Trisno menyebut, penyemprotan yang dilakukan di Masjid Baitul Musyahadah ini baru pertama kali. Usai melakukan penyemprotan di masjid tersebut, pihaknya akan melakukan penyemprotan kembali di masjid lainnya di Banda Aceh.

"Kegiatan ini akan terus kita lakukan, sesuai permintaan dari masyarakat. Karena permintaan dari masyarakat ini luar biasa," jelasnya.

"Tapi untuk di masjid ini penyemprotan tidak semua bidang disemprot, karena ada bidang yang wajib disemprot dan ada juga yang tidak perlu. Semacam atap tidak usah disemprot, yang disemprot bidang yang memiliki tinggi sama dengan kepala kita," sebutnya.

Selain itu, juga dilakukan sterilisasi di dalam Mapolresta Banda Aceh, termasuk di tempat–tempat pelayanan publik untuk antisipasi penyebaran virus corona.

Dijelaskan Trisno, sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan cairan antivirus ke seluruh ruangan–ruangan.

"Kali ini kami melaksanakan penyemprotan desinfektan dengan menyasar pusat–pusat pelayanan seperti di SKCK, SPKT, SIM, sehingga diharapkan kawasan tersebut dapat steril dan upaya pencegahan penyebaran virus Corona dapat dimaksimalkan," ujarnya.

"Saya juga menghimbau seluruh masyarakat pengunjung Mapolresta Banda Aceh agar terlebih dahulu mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan," harapnya.

No comments