Ustaz Abdul Somad Jelaskan Hukum Meninggalkan Salat Jumat: Sunnah saat Ada Wabah Penyakit


Ustaz Abdul Somad mengunggah video pendek berjudul "Yang Sebenarnya tentang Sholat Berjamaah" di akun Instagram–nya. Video tersebut mengiringi penjelasan dai kondang ini tentang pro–kontra sholat jumat di tengah wabah virus corona (Covid–19).

Dalam video berdurasi 1 menit 18 detik yang diunggah pada Kamis (26/3/2020) itu, Ustaz Abdul Somad memberikan jawaban terhadap pertanyaan jemaah.

Dai yang kerap disapa UAS ini mengawali jawaban dengan kebijakan pemerintah Mesir, Malaysia dan Arab Saudi yang melarang sholat berjamaah dan sholat Jumat di masjid di tengah darurat wabah virus Corona.

"Mana ada pemerintah Mesir, Malaysia, Arab Saudi termasuk Indonesia itu berani melarang sholat berjamaah di masjid maupun sholat Jumat kalau tidak ada fatwa dari ulama. Di Malaysia, seluruh Mufti sepakat melarang sholat Jumat saat wabah Corona. Mufti Al Azhar Mesir juga demikian. Dasarnya apa, Alquran dan Sunnah. Mereka ambil dari sana (Alquran dan sunah)," katanya, Kamis (26/3/2020).

Menurut UAS, meninggalkan salat berjamaah dan salat Jumat pada masa wabah penyakit adalah Sunnah. Dia mencontohkan saat terjadi wabah penyakit pes di masa Nabi Muhammad SAW.

"Saya ulang sekali lagi, meninggalkan salat berjamaah dan salat Jumat pada masa wabah penyakit thoun dan pes adalah sunah Rasulullah Saw," kata doktor ilmu hadits lulusan Sudan itu mengakhiri jawabannya.

0 Komentar

close