Breaking News

Aceh Kembali Terjangkit Corona, 1 Pasien Dinyatakan Positif COVID–19


Setelah sempat turun ke angka nol kasus positif virus Corona atau COVID–19, kini di Aceh kembali terkonfirmasi satu kasus baru yang dinyatakan positif COVID–19. Kasus baru ini berdasarkan hasil uji swab pertama dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan di laboratorium Balai Litbangkes Aceh.

Hal itu sebagaimana disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID–19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG, dalam keterangannya kepada awak media pada Sabtu (18/4) sore.
"Sampel swab itu diambil dari seorang Pasian Dalam Pengawasan berinisial NS, laki–laki umur 41 tahun, asal Kabupaten Gayo Lues, dan diuji dengan sistem Real Time PCR di laboratorium Balai Litbangkes Aceh hingga hasilnya dinyatakan positif COVID–19," sebutnya.

SAG mengatakan, PDP inisial NS yang telah terkonfirmasi positif COVID–19 itu merupakan seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Kelud, yang asalnya dari Jawa Barat, namun istrinya warga Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Ia menjelaskan, pada 8 April 2020, NS pulang ke Gayo Lues dan masuk karantina di Balai Latihan Kerja (BLK) Gayo Lues. Baru satu malam di BLK, NS menunjukkan gejala tidak sehat (lemas) dan berobat ke Puskesmas Putri Beutong, Galus.

Kemudian Puskesmas Putri Beutong merujuk NS ke RSUD Gayo Lues. "Hasil pemeriksaan RSUD Gayo Lues menunjukkan ada infeksi paru (pneumonia) dan hasil rapid test pun positif," jelasnya.

Karena itu, sambung SAG, NS kemudian dirujuk ke RSUD Cut Mutia di Aceh Utara, untuk diambil swab. Setelah satu malam di RSUD Cut Mutia, NS dirujuk balik untuk dirawat di RSUD Gayo Lues pada 14 April 2020, hingga hasil swabnya diperoleh dan terkonfirmasi positif COVID–19.

"Hasil uji swab NS kami laporkan ke Gugus Tugas COVID–19 Pusat untuk proses registrasi nasional, dan pasien NS sedang persiapan untuk dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh" ujar SAG.

Kasus baru tersebut telah menambah total angka pasien positif COVID–19 di Aceh menjadi enam hingga saat ini. Namun, empat pasien sebelumnya dinyatakan telah sembuh dari COVID–19 dan dipulangkan ke rumah masing–masing. Sementara satu pasien positif lainnya dinyatakan meninggal saat masih berstatus PDP.

No comments