Breaking News

Kembali Beroperasi, Cek Rute dan Jadwal Penerbangan Garuda


Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengizinkan seluruh moda transportasi beroperasi kembali di masa pendemi covid–19, tidak terkecuali layanan penerbangan.

Berdasarkan data yang diterima Medcom.id, Senin, 11 Mei 2020, maskapai penerbangan Garuda Indonesia pun telah mengatur dan membagi rute dan jadwal penerbangan yang akan dilayani selama periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di antaranya untuk rute Jakarta–Medan dan Medan–Jakarta masing–masing terdapat tiga kali penerbangan yang dilayani setiap hari.

Begitu pula rute Jakarta–Surabaya dan sebaliknya; rute Jakarta–Denpasar dan sebaliknya masing–masing tiga kali penerbangan setiap hari. Untuk rute Jakarta–Solo dan sebaliknya masing–masing dua kali penerbangan setiap hari.
Kemudian rute Jakarta–Yogyakarta dan sebaliknya serta Jakarta–Makassar dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan setiap hari.

Rute Jakarta–Sibolga dan sebaliknya, Jakarta–Banjarmasin dan sebaliknya, Jakarta–Semarang dan sebaliknya, Jakarta–Banyuwangi dan sebaliknya, Jakarta–Tanjung Pinang dan sebaliknya, Denpasar Lombok dan sebaliknya, masing–masing satu kali penerbangan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sedangkan untuk rute Jakarta–Pekanbaru dan sebaliknya, Jakarta–Banda Aceh dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan di setiap Rabu, Jumat, dan Minggu.

Rute Jakarta–Padang dan sebaliknya, Jakarta Lombok dan sebaliknya; Jakarta–Batam dan sebaliknya, Jakarta–Makassar–Kendari dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Ada pula rute Jakarta–Balikpapan dan sebaliknya, Jakarta–Manado dan sebaliknya, Jakarta–Pontianak dan sebaliknya, masing–masing satu kali penerbangan di setiap Selasa, Kamis, dan Jumat.

Untuk rute Jakarta–Denpasar–Kupang dan sebaliknya, Jakarta–Bandar Lampung dan sebaliknya, Jakarta–Palembang dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan di hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Kemudian rute Jakarta–Jambi dan sebaliknya, Jakarta–Malang dan sebaliknya, Jakarta–Tanjung Pandan dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan di setiap Senin dan Kamis.

Rute Jakarta–Surabaya–Kupang dan sebaliknya, serta Jakarta–Palangkaraya dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan setiap Selasa, Kamis, dan Minggu.

Selanjutnya rute Jakarta–Labuan Bajo dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan di setiap Selasa dan Kamis. Rute Jakarta–Makassar–Gorontalo dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan di setiap Selasa dan Jumat.

Sementara untuk rute Denpasar–Labuan Bajo dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan setiap Rabu dan Jumat. Rute Jakarta–Ambon dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan setiap Selasa, Rabu, dan Jumat.

Selain itu rute Jakarta–Makassar–Ambon dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan di setiap Senin, Kamis, dan Minggu. Serta rute Jakarta–Pangkal Pinang dan sebaliknya masing–masing satu kali penerbangan di setiap Rabu dan Minggu.

Direktur Utama Garuda Indonesia mengatakan seluruh rute penerbangan tersebut tidak diperuntukkan bagi calon penumpang dengan tujuan mudik. Ia bilang terkait ketentuan penerbangan, Garuda mengikuti aturan yang dibuat otoritas.

"Untuk informasi rute dan jadwal penerbangan tersebut, syarat bisa terbang menikuti aturan pemerintah," kata Irfan pada Medcom.id.

Garuda Indonesia menerapkan prosedur penerimaan dan screening penumpang yang sangat ketat untuk layanan penerbangan yang dioperasikan, antara lain melalui pemberlakuan ketentuan penyertaan surat keterangan sehat dan negatif covid–19 dari Rumah Sakit.

Bagi penumpang dengan tujuan perjalanan dinas harus dibuktikan dengan menunjukkan Kartu Identitas Kantor dan surat tugas dari kantor, penyertaan surat pernyataan tidak mudik atau surat keterangan tertulis alasan melakukan perjalanan.

Selain itu, lanjut dia, penumpang wajib memenuhi kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan sesuai ketentuan protokol kesehatan yang berlaku.

No comments