94 Pengungsi Rohingya Diselamatkan Nelayan di Perairan Aceh Utara

Nelayan Aceh Utara selamatkan 94 Rohingya, Myanmar yang terkatung–katung di perairan Aceh Utara. Mereka saat ini sedang proses evakuasi dari laut ke daratan.


Kapolsek Seunuddon Iptu M Jamil menyebutkan, berdasarkan informasi di lokasi, kapal yang mengangkut WNA terlihat pada hari Senin 21 Juni 2020 sekira pukul 18.30 WIB dan berhasil dievakuasi masuk ke pesisir pantai Aceh Utara, Rabu (24/6) siang.

"Saat dilihat oleh tiga nelayan kita, kapal asing itu hampir tenggelam dan selanjutnya tiga mereka membantu mengevakuasi WNA," kata Iptu M Jamil, Rabu (24/6).

Jamil mengatakan, jumlah orang dalam kapal tersebut yaitu laki–laki dewasa berjumlah 15 orang, perempuan dewasa 49 orang, anak–anak 30. Total seluruhnya 94 orang.

Sampai saat ini kapal KM Nelayan 2017.811 yang berisi 94 orang WNA Rohingya masih di lokasi berjarak 4 mil dari pantai Seunuddon. "Sampai saat ini pihak –Polri masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait," ujar dia.

Sementara itu, Panglima Laot (Lembaga adat laut) Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara M Hasan mengatakan saat ini kapal nelayan yang mengangkut mereka belum tiba ke daratan.

"Laporannya boat yang membantu warga Rohingya juga alami kerusakan mesin sekitar 4 mil di atas pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara," kata M Hasan.

Pihaknya bersama Muspika Seunuddon dan unsur TNI/Polri dan BBPD Aceh Utara serta masyarakat setempat sedang melakukan koordinasi terkait langkah yang akan diambil pihaknya untuk memberi pertolongan kepada para korban. source

0 Komentar

close