Breaking News

Gelombang Setinggi 4 Meter Diperkirakan Hantam Aceh

Gelombang laut setinggi 4 meter diperkirakan bakalan menghantam wilayah Samudera Hindia, sebelah barat Aceh.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar memprekdiksi kondisi cuaca buruk ini berpeluang terjadi hingga tiga hari ke depan.

"Kondisi cuaca ini dapat diwaspadai oleh nelayan dan pengguna jasa pelayaran saat hendak melaut," kata Kasi Data Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar Zakaria Ahmat, Jumat (24/7/2020).

Zakaria menjelaskan, cuaca buruk ini dipengaruhi akibat angin kencang yang melanda sejumlah wilayah perairan Aceh. Sementara perairan yang paling parah yaitu di wilayah perairan Simeulue dan sekitarnya yang berpeluang tinggi gelombang mencapai 4 meter.

"Sementara di wilayah perairan lainya seperti perairan Sabang Banda Aceh masih tergolong aman karena ketinggian gelombang mencapai 1 meter," ujarnya.

Dia menambahkan, wilayah perairan utara Sabang juga perlu diwaspadai karena ketinggian gelombang laut diprediksi mencapai 4 meter.

"Perairan utara dan timur aceh satu meter dan perairan barat selatan Aceh mencapai 3 meter. Sementara di wilayah selat malaka ketinggian gelombang laut mencapai 1 meter," jelas Zakaria.

Sementara itu, menyikapi potensi cuaca buruk yang terjadi di perairan Aceh, kantor SAR Banda Aceh telah menyiagakan kapal dan personel apabila terjadi kecekaan laut.

"Peralatan serta personel SAR yang disiapkan beroperasi selama 24 jam," kata Kepala kantor SAR Banda Aceh Budiono.

Selain cuaca buruk yang mengakibatkan ketinggian gelombang laut, kondisi angin puting beliung sempat melanda Aceh. Banda Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan puluhan rumah rusak di terjang angin kencang di wilayah Aceh Utara beberapa hari lalu.

Selain itu, kerusakan bangunan juga terjadi di wlilayah Aceh timur yang menyebabkan puluhan rumah rusak di bagian atap serta satu sekolah di Pulau Banyak Aceh Singkil juga mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang. source

No comments