Breaking News

Jokowi: Pertahanan Bukan Hanya Alutsista, Juga Ketahanan Pangan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Food and Agriculture Organization (FAO) telah memperingatkan akan terjadi krisis pangan dunia. Cadangan pangan strategis perlu dibuat untuk mengantisipasi hal ini.


Makanya, ia menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi penanggung jawab proyek lumbung pangan nasional di Pulau Pisau, Kalimantan Tengah.

Menurut mantan Gubernur DKI ini, ketahanan pangan adalah bagian dari pertahanan nasional. "Yang namanya pertahanan itu bukan hanya urusan alutsista, tetapi juga ketahanan di bidang pangan menjadi salah satu bagian dari itu," katanya saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 13 Juli 2020.

Presiden menegaskan kepemimpinan Menhan akan tetap didukung oleh Kementerian Pertanian. "Tetap Mentan kan juga back di situ. Nanti urusan pertanian yang lain, pangan yang lain ya tetap Mentan," katanya.

Ia menegaskan lahan yang akan digunakan untuk lumbung pangan nanti bukanlah lahan gambut. Pemerintah, kata dia, telah memeriksa dan memastikan tanah di sana adalah aluvial. Nantinya, lumbung ini akan menjadi cadangan pangan sesuai kebutuhan yang ada.

"Kalau misalnya kekurangan beras ya tanam padi. Kalau kekurangan jagung ya tanam jagung. Kemarin sudah kita cek, jagung bisa, padi bisa. Cabai, tanam di situ," kata Jokowi. source

No comments