Breaking News

300 Jiwa Terdampak Banjir Luapan di Aceh Selatan

Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan mengakibatkan banjir luapan dan berdampak pada 70 kepala keluarga (KK) atau sekitar 300 jiwa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, mengatakan banjir luapan tersebut terjadi sejak pukul 22.18 WIB, 21 Agustus 2020.

"Hujan lebat yang mengguyur kawasan Desa Arun Tinggai, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, menyebabkan bertambahnya debit air sungai sehingga meluap ke rumah–rumah warga," kata Sunawardi saat dikonfirmasi, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Sunawardi mengungkapkan Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Nmaun untuk dampak materialnya mengakibatkan terendamnya rumah–rumah warga dengan ketinggian air antara 20 hingga 50 sentimeter.

"Untuk pengungsi masih dilakukan pendataan," jelasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan telah melakukan upaya penyerahan bantuan logistik masa panik dan memperbaiki tebing (tanggul) sungai yang meluap.

"Serta menormalisasi saluran drainase di kawasan permukiman. Untuk kondisi terakhir yang kita terima air sudah mulai berangsur surut," ujarnya. source

No comments