Breaking News

Aceh Tengah Dihajar Angin Puting Beliung, 32 Rumah Rusak

Aceh Tengah dilanda angin puting beliung. Akibatnya 32 rumah warga di empat desa rusak akibat kejadian tersebut.

Data sementara menyebutkan, 30 warga di Aceh Tengah, Aceh tersebut terpaksa mengungsi di lapangan desa.

"Jumlah korban terdampak masih dalam pendataan. 30 orang sudah mengungsi di lapangan bola voli desa Jurusan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi, Selasa (28/8/2020) malam.

Peristiwa angin puting beliung tersebut terjadi Selasa sore sekitar pukul 17.30 WIB. Ada empat desa terdampak di Kecamatan Pegasing. Yaitu Desa Belang Bebangka, Kayukul, Jurusan, dan Kute Lintang.

Berdasarkan data BPBA, rumah rusak tersebar di Desa Belang Bebangka sebanyak tujuh unit. Kemudian di Desa Jurusan 12 unit, Desa Kayukul 12 unit serta Desa Kutelintang satu unit. Selain itu, dua fasilitas umum di Desa Jurusan juga dilaporkan rusak.

"Tim BPBD Aceh Tengah dibantu TNI, Polri dan masyarakat sudah melakukan pembersihan rumah terdampak," jelas Sunawardi dilansir dari Detik.com.

Menurut Sunawardi, BPBD Aceh Tengah juga sudah mendirikan tenda pengungsian untuk warga terdampak. Selain itu, petugas masih mendata ada tidaknya korban luka akibat peristiwa tersebut.

Hujan Lebat

"Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan dinas sosial terkait dapur umum untuk pengungsi," ujarnya.

Kasi Data dan Informasi BMKG Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, Zakaria Ahmad, mengatakan kondisi cuaca. Ada sejumlah daerah di Aceh yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang hingga tiga hari ke depan.

Daerah tersebut yaitu Nagan Raya, Simeulue, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, dan Aceh Selatan. Termasuk juga Subulussalam, Aceh Tengah, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Pidie bagian tengah, dan Pidie Jaya.

"Untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat waspada banjir terutama daerah pinggiran sungai. Juga angin kencang/puting beliung, petir, dan jalan licin serta tanah longsor untuk daerah perbukitan," katanya. (detik)

No comments