Breaking News

Diretas Berkali–kali, Situs Media Tempo.co Normal Kembali

Situs media online Tempo.co sempat diretas berkali–kali pada Jumat (21/8) dini hari. Berdasarkan penjelasan Tempo.co, situs mulai diretas pihak tak bertanggung jawab pukul 00.30 WIB. Tampilan situs saat itu berubah menjadi warna hitam dengan iringan lagu Gugur Bunga. 

Saat diretas, terdapat tulisan "Stop Hoax, Jangan BOHONGI Rakyat Indonesia, Kembali ke etika jurnalistik yang benar patuhi dewan pers. Jangan berdasarkan ORANG yang BAYAR saja. Deface By @xdigeeembok," Ketika diklik, akan beralih langsung ke akun Twitter @xdigeeembok. 

Akun anonim tersebut memiliki 465 ribu pengikut. Dilihat di akun Twitter @xdigeeembok, nampak mereka menandai screen capture situs Tempo diretas dengan kalimat 'Peringatan Mesra'.

Tempo.co mengaku bisa mengambil alih kembali situs pada pukul 01.24 WIB. Layar hitam hilang berganti menjadi layar putih bertuliskan "We'll be back soon!". Pada pukul 01.30 WIB, situs Tempo.co kembali bisa diakses normal. 

Namun tiba–tiba pada 02.26 WIB, situs kembali diretas dengan tampilan sama seperti sebelumnya. Namun tak berselang lama atau tepatnya 5 menit kemudian, Tempo.co bisa mengambil alih kembali situs dari aksi peretasan. Hingga kini, situs Tempo.co sudah kembali normal. 

Pemimpin Redaksi Tempo.co, Setri Yasra, mengatakan aksi peretasan berkali–kali terhadap situs mereka bisa dikategorikan sebagai upaya pembungkaman. 

Selain itu, Setri menganggap aksi ini salah satu upaya mengganggu kerja jurnalistik yang diatur di UU Pers. 

"Kami mengecam siapa pun yang berupaya mengganggu tugas media dalam memenuhi hak publik atas informasi yang relevan dan terpercaya," kata Setri seperti dikutip dari Tempo.co. 

Setri menyatakan upaya peretasan tersebut tidak akan berdampak apa–apa terhadap Tempo. 

Setri menegaskan Tempo akan tetap dan terus bekerja seperti biasa. 

"Menyampaikan informasi di lapangan untuk kepentingan publik dan republik," ucap Setri. source

No comments