Breaking News

Presiden Jokowi serahkan Banpres Produktif untuk usaha mikro di Aceh

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro kepada 200 pelaku usaha mikro di Kota Banda Aceh, Selasa (25/8/2020).

Bantuan sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah ini disalurkan untuk membantu para pelaku usaha mikro atau UMKM untuk menjalankan usahanya di masa pandemi Covid–19 saat ini.

“Ini diberikan oleh pemerintah karena kita tahu kondisi saat ini memang kondisi yang sangat sulit,” ujar Jokowi saat penyerahan bantuan.

“Kondisi yang tidak mudah, kondisi yang tidak gampang dialami oleh baik yang mikro, yang kecil, yang menengah, yang gede, semuanya memang masih berada pada posisi yang sulit,” sambungnya.

Menurut Jokowi, di tengah pandemi Covid–19 saat ini, tidak hanya berdampak pada para pelaku usaha kecil, namun juga pelaku usaha besar.

Sebab itu, Jokowi pun meminta agar para pelaku usaha tetap bekerja keras menjalankan usahanya meskipun omset terus menurun selama masa pandemi ini. Krisis ekonomi dan kesehatan ini, kata Jokowi, tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di berbagai negara lainnya.

“Oleh sebab itu, hari ini kita berikan bantuan banpres produktif,” tuturnya.

Banpres produktif untuk usaha mikro ini, disalurkan secara bertahap kepada 12 juta pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh daerah. Jokowi menargetkan, banpres ini akan disalurkan kepada 12 juta penerima hingga akhir September nanti.

“Kita harapkan dengan tambahan itu dagangannya bapak ibu jumlahnya menjadi lebih banyak. Kita harapkan omsetnya juga naik, mungkin belum pada posisi normal tetapi sudah bisa naik lagi,” terangnya.

Diharapkan kondisi perekonomian akan kembali normal setelah pemerintah melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat. Vaksinasi ini ditargetkan akan dilakukan pada Januari 2021.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menilai, dampak pandemi Covid–19 di Provinsi Aceh tak separah di provinsi–provinsi lainnya, terutama di Pulau Jawa. Karena itu, dalam kesempatan ini, ia juga meminta Gubernur Provinsi Aceh agar terus melakukan pengendalian penyebaran Covid–19.

Jokowi pun mengingatkan masyarakat untuk mencegah penularan Covid–19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, jaga jarak, dan juga mencuci tangan. source

No comments