Breaking News

Tiga Napi Penghuni LP Klas II A Banda Aceh Kabur

Tiga narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Banda Aceh di Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, kabur pada Selasa (4/8/2020) sekitar pukul 04.30 WIB.


Ketiga napi yang kabur tersebut terlibat dalam kasus narkoba dan masih menjalani sisa pidana mulai dari 4 tahun sampai 16 tahun.

Informasi yang diperoleh Serambi, ketiga napi Lapas Banda Aceh yang melarikan diri tersebut, masing–masing Saiful Amri (46) asal Meudang Ara, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur. Pria tersebut masih harus menjalani sisa pidana selama 14 tahun 9 bulan 16 hari.

Lalu, napi kedua yang ikut kabur, yakni Kasimin (43) asal Gumpang Pekan, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues. Pria yang terlibat dalam kasus narkoba tersebut juga masih harus menjalani sisa pida selama 16 tahun 6 bulan 22 hari.

Lalu, napi ketiga yang ikut kabur dari LP Klas IIA Banda Aceh itu, yaitu Heri Fazli (25) warga Gamping Baet Mesjid, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar.

Heri yang terlibat dalam kasus narkoba tersebut merupakan yang termuda dari dua napi yang kabur itu serta sisa pidana yang harus dijalani tersisa 4 tahun 22 hari.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH yang dihubungi Serambi tadi malam membenarkan tentang tiga napi yang kabur dari LP Klas IIA Banda Aceh itu.

Menurut Kombes Trisno, sekitar pukul 04.30 WIB petugas piket jaga Lapas Kelas IIA sedang berusaha menghidupkan genset yang berada di ruang dapur, karena lampu mati pada saat itu.

Kondisinya gelap. Angin juga kencang bertiup di luar. Kondisi ini dinilai dimanfaatkan oleh ketiga napi untuk kabur.

"Ketiga foto napi tersebut sudah kami sebarkan ke Polres jajaran Polda Aceh. Kita juga berharap ketiganya segera menyerahkan diri," ungkap mantan Kabag Binkar Polda Aceh ini.

Kapolresta Banda Aceh menduga, ketiga napi tersebut sudah merencanakan pelarian tersebut dengan matang dan menyusun rencana agar aksi mereka tersebut berjalan mulus.

Kombes Trisno menyebutkan, selain menyebarkan foto ketiga napi tersebut ke Polres sejajaran, pihaknya juga ikut terlibat langsung pencarian ketiga napi yang kabur tersebut.

"Sejauh ini pencarian terhadap ketiga napi yang kabur tersebut masih terus dilakukan, dengan melibatkan sejumlah anggota Polresta dan Polsek Ingin Jaya," pungkas Trisno. source

No comments