Tim Gabungan Patroli Laut Aceh Antisipasi Masuknya Kapal Rohingya

Satpolairud Kepolisian Resor Aceh Timur bersama TNI AL Pos Lanal Idi serta Basarnas melakukan patroli di perairan laut Aceh untuk mengantisipasi masuknya pengungsi Rohingya.

Kasatpolairud Polres Aceh Timur, Iptu Zainurrusydi, mengatakan krisis kemanusiaan yang saat ini terjadi membuat etnis Rohingya berbondong–bondong meninggalkan Myanmar.

"Memang ada beberapa gampong (Desa) di wilayah kami yang berada pada perbatasan perairan, oleh karena itu ada peningkatan kewaspadaanya, terkait pengungsi Rohingya," kata Zainurrusydi, saat dikonfirmasi, Selasa, 20 Oktober 2020.

Dia menjelaskan bukan tidak mungkin gampong tersebut jadi jalur masuk pengungsi, karena belakangan ada informasi akan ada pengungsi Rohingya yang akan masuk ke wilayah perairan Aceh.

"Pada intinya kami bersama TNI AL dan Basarnas terus meningkatkan patroli untuk mengantispasi masuknya orang dari luar secara illegal," jelasnya.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan koordinasi dengan perangkat gampong juga warga yang berada di pesisir, jika ada tanda–tanda masuknya pengungsi Rohingya agar sesegera mungkin menghubungi tim gabungan.

"Agar secepatnya bisa kami koordinasikan dengan intansi terkait lainya, dan selama patroli yang kami laksanakan tersebut tidak ditemukanya kapal yang berpotensi membawa pengungsi Rohingya," ujarnya. source

0 Komentar

close