Hentikan Politik Intimidasi

 
Intimidasi dan teror di ruang publik karena berbeda pilihan dalam Pilpres 2019 ini harus dicegah sedini mungkin. Tidak hanya dari pemerintah Indonesia, institusi di bawahnya, elemen masyarakat sipil (LSM, Ormas, dan komunitas lainnya), semua partai politik harus memiliki sikap tegas yang sama terhadap hal tersebut.

Apalagi, akumulasi kebencian Pilkada DKI Jakarta efek destruktifnya belum bisa dipulihkan hingga sekarang.

Jika ini dibiarkan, kita akan melihat kembali seorang ibu dan anak di tempat lain, seperti yang terjadi di CFD beberapa hari lalu,  hanya karena mengenakan kaos yang berbeda, dilecehkan dan dirundung di ruang publik.

Padahal, dari seorang rahim ibulah kita semua dilahirkan, dididik, dan menemukan ruang kasih sayang tak terbilang. Dari seorang anak juga kita menatap masa depan, tidak hanya untuk keluarga, melainkan tunas bangsa yang akan membangun Indonesia ke depan.

Gerombolan dengan kaos bertuliskan #2019GantiPresiden2019 adalah salah satu contoh terbuka dari sekian kekerasan verbal kepada perempuan dan anak-anak yang bisa memunculkan trauma.

Tindakan dan gerakan pengecut semacam ini akan terus bergulir hingga setahun ke depan, membangun teror di ruang publik, jika tidak ada satu pun dari kita memberikan efek jera.

0 Komentar

close