Hoaks sebagai Realitas Sosial Politik


Pertanyaan tentang bagaimana hoaks bekerja dalam narasi demokrasi adalah suatu awal untuk mendedah tentang akar hoaks yang bekerja dan melumpuhkan rasionalitas.

Kerja hoaks memiliki korelasi dengan media massa. Hanya yang patut dicatat bahwa hoaks menyebar di media sosial dan berita-berita online serta tak jelas kabarnya.

Hoaks menjelma sebagai fenomena sosial yang layak dikaji. Sebagai suatu fenomena hoaks dapat didekati sebagai suatu teori dan metodologi sekaligus.

Sebagai teori, fenomenologi pada awalnya dimulai dari hipotesis Husserl. Karena dia menyimpulkan suatu hal tidak bisa selesai dengan sudut pandang orang pertama, melainkan juga membutuhkan waktu dengan cara mengamati realitas sosial yang terjadi secara terus menerus untuk ditemukan inti yang menjadi lakon dalam keseharian. Itu terjadi secara alami.

Dari realitas sosial,  konteks hoaks akhirnya menjadi realitas politik di saat menjelang pemilu. Hoaks  mengendap dalam kelompok tertentu yang diimplementasikan dalam bentuk serangan menggunakan SARA terhadap lawan politiknya.

0 Komentar

close