Pilkada di Aceh Berlangsung Aman dan Damai


Banda Aceh - Polda Aceh menyatakan proses pemungutan suara pilkada di tiga kabupaten/kota di provinsi ujung barat Indonesia tersebut berlangsung aman.

"Kami berharap kondisi aman dan kondusif ini terus terjaga hingga semua tahapan pilkada selesai," kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munauwar di Banda Aceh, Rabu.

Di Provinsi Aceh ada tiga kabupaten/kota yang menggelar pemilihan bupati, wali kota dan wakil serentak secara nasional. Daerah yang menggelar pilkada tersebut yang Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kota Subulussalam.

Kombes Pol Misbahul Munauwar menyebutkan, masyarakat antusias menuju tempat pemungutan suara di gampong atau desa masing-masing guna memilih kepala daerah.

"Laporan yang kami terima dari tiga daerah tersebut, tidak terjadi gejolak di tengah masyarakat. Kondisi aman dan kondusif ini sama ketika Aceh melaksanakan pilkada serentak di 17 kabupaten/kota dan pemilihan gubernur pada 2017 silam," kata dia.

Perwira menengah Polri tersebut menyebutkan, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara di dua wilayah, Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Subulussalam.

"Kapolda masih di Aceh Selatan, memantau pelaksanaan puncak pilkada ini. Kapolda juga sudah menginstruksikan jajaran untuk tetap waspada dan mengantisipasi sedini mungkin setiap ancaman yang mengganggu keamanan masyarakat," sebut dia Kombes Pol Misbahul Munauwar.

Saat ini, kata dia, proses pilkada masuk pada tahap krusial, yakni penghitungan surat suara. Kepada masing-masing pasangan calon kepala daerah maupun pendukungnya untuk tetap menjaga situasi yang kondusif tersebut.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak, lanjut dia, berpesan kepada semua pasangan calon peserta pilkada untuk bisa menerima hasil pemungutan suara dengan ikhlas, baik yang menang maupun kalah.

"Bagi pasangan calon yang menang pilkada, janganlah merayakannya secara euforia, berlebihan, da menyebabkan ketersinggungan pasangan yang belum beruntung," kata Kombes Pol Misbahul Munauwar.

Dan kepada masyarakat, imbau dia, untuk kembali bersatu setelah pilkada serta bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

"Siapa pun yang terpilih adalah kepala daerah bersama, bukan kepala daerah milik kelompok atau golongan. Karena itu, setelah pilkada ini mari kembali mempererat.

Sumber

0 Komentar

close