Melestarikan Tari Saman dalam Festival Ratoh Jaroe 2019


Provinsi Aceh menghelat Grand Festival Ratoh Jaroe 2019 yang diikuti oleh 1.560 siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mereka berasal dari sekolah di berbagai wilayah Jawa, DKI Jakarta, hingga Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, Jamaluddin mengatakan, perlombaan Tarian Ratoh Joroe ini sudah dilaksankan sejak Maret 2019, dan sekaligus memperkenalkan budaya Aceh. Tarian tersebut adalah salah satunya yang cukup mendunia.

"Apalagi saat Asian Games tahun lalu, banyak orang yang menganggap itu adalah Tarian Saman, padahal itu Ratoh Jaroe," kata Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Jamaluddin kepada Wartawan saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Sabtu 26 Oktober 2019.

Selain itu harapan Jamal, diadakannya perlombaan tarian ini masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di Aceh.

Sementara itu, Asisten Deputi Kementerian Pariwisata RI Riza Pahlevi juga menyampaikan, diadakannya festival ini untuk melestarikan nilai–nilai tradisi Aceh. Selain itu, festival ini bisa memberi kesempatan kepada siapa saja yang mempunyai bakat menari.

"Tujuannya untuk melestarikan nilai–nilai tradisi, kemudian bagaimana memperluas daya tularnya, memperluas orang–orang bisa menari," katanya.

Untuk itu Kementerian Pariwisata sangat mendukung adanya pergelaran acara tersebut. Hal yang terpenting adalah kegiatan ini sekaligus akan mempromosikan pariwisata di Aceh.

Sementara, Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, mengatakan, pagelaran Festival Ratoh Jaroe yang diadakan tadi malam adalah rangkaian acara yang telah dibuat selama bulan Maret.

"Dari bulan Maret hingg Oktober tahun ini kita mengadakan Audisi di berbagai tempat, mulai dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga D.I. Yogyakarta. Dan malam ini adalah malam grand final," ujarnya.

Para pemenang tingkat SMP yakni: juara 1, SMP Al Azhar 8 Kemang Pratama Bekasi; Juara 2, SMP Al Azhar 3 Bintaro; juara 3, SMPN 161 Jakarta; juara harapan 1, SMP Al Azhar 9 Kemang Pratama Bekasi; juara harapan 2, SMPN 12 Jakarta; juara harapan 3, SMPN 19 Jakarta; juara favorit, SMP Islam Al Azhar BSD

"Sedangkan untuk kategori SMA, juara 1, SMA 90 Jakarta; juara 2, SMAN 12 Tangerang Selatan; juara 3, SMAN 29 Jakarta. Sementara juara harapan 1, SMAN 2 Tangerang; harapan 2, SMAN 11 Tangerang Selatan; harapan 3, SMA Nasima Semarang dan juara favorite, SMAN 4 Semarang," jelasnya.

0 Komentar

close