Nelayan Aceh Temukan Kapal Ikan Asing Tanpa ABK Terombang–ambing di Tengah Laut


Nelayan Aceh menemukan sebuah kapal ikan asing terombang–ambing di tengah laut di wilayah Aceh. Polisi masih menyelidiki penemuan kapal yang diduga dari Sri Lanka tersebut.

"Kapal ikan tanpa ABK tersebut diduga dari Sri Lanka. Kapal ditemukan oleh nelayan Aceh di Samudra Hindia sekitar 50 mil dari Pantai Ujung Raja, Pulau Aceh atau 14 jam pelayaran," kata Direktur Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Aceh Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro, Rabu (17/6/2020).

Kapal tersebut ditemukan oleh seorang nelayan bernama Mikdar (42) pada Selasa (2/6) lalu. Usai ditemukan, kapal ditarik ke Banda Aceh untuk diserahkan ke petugas keamanan.

Menurut Jemmy, Polairud Polda Aceh sudah memintai keterangan Mikdar untuk menyelidiki asal muasal kapal. Saat ditemukan, kapal dalam keadaan kosong, tidak ada ABK, serta terombang–ambing di tengah laut.

Selain itu, di dalam kapal juga tidak ditemukan dokumen apapun. Jemmy menjelaskan, kapal tersebut juga sudah tidak dilengkapi alat komunikasi dan navigasi. Sementara mesin kapal masih ada dan jaring penangkap ikan sudah rusak.

"Kami belum bisa memastikan asal kapal tersebut karena tidak ada dokumen apapun. Akan tetapi, di kapal tersebut ada tulisan Sri Lanka. Tapi, itu juga belum bisa dipastikan, apakah benar dari Sri Lanka atau tidak," ujar Jemmy.

0 Komentar

close