Viral Video Kakek Salat Id Pakai Seragam SMA karena Tak Punya Baju, Bikin Warganet Terharu

Di tengah riuhnya hari raya Idul Adha, seorang kakek di Bone, Sulawesi Selatan menyita perhatian warganet. Kekek itu datang salat Id dengan mengenakan seragam SMA.


Penampilan kakek itu menarik perhatian pemilik akun TikTok @andisalsaa_s atau Caca. Ia lantas mengabadikan momen ketika pria renta itu datang ke lapangan mengenakan seragam SMA serta membawa peci dan sajadahnya.

"Kemarin aku lebaran di kampung. Terus lihat bapak ini yang memakai baju SMA ke lapangan buat salat," tulisnya seraya mencantumkan emotikon menangis.

Dalam video yang dibuatnya, tampak kakek bernama Sakka itu datang sendirian berjalan kaki. Seragam SMA yang ia gunakan masih putih dan rapi. Kuat dugaan, seragam SMA itu adalah baju terbaik yang ia punya untuk dikenakan ketika ibadah salat Idul Adha.

Begitu salat Id di lapangan selesai, kakek itu berjalan menuju ke arah jalan raya. Ia berdiri di pinggir jalan sambil merentangkan salah satu tangannya ke arah mobil yang melintas. "Dia berusaha gitu buat cari mobil untuk tumpangan dia pulang," jelas si pembuat video.

Namun, kakek itu tak kunjung mendapatkan tumpangan lantaran tidak ada kendaraan yang searah dengan rumahnya. Caca yang mengamati dari jauh kemudian memutuskan untuk menghampiri kakek itu.

Ia kemudian mengajak kakek itu untuk mampir ke rumah neneknya yang terletak tak jauh dari tempat salat Id. Caca menawari kakek itu makan di sana dan memberi sejumlah bantuan kepada si Kakek Sakka.

Dalam rangkaian videonya, Caca kemudian memberikan baju batik untuk si Kakek. Namun kakek itu tetap menolak melepas seragam SMA–nya. Alhasil, baju batik itu ia dobelkan di luar seragam SMA.

Beberapa hari kemudian, keluarga Caca kediaman Kakek Sakka. Caca mengaku tidak tega melihat kondisi rumah kakek itu. Kakek Sakka tinggal di sepetak ruangan berdinding kayu. Hanya ada satu tempat tidur yang dipenuhi kain dan beberapa perkakas dapur untuk makan kakek di rumah tersebut.

Video itu kemudian diunggah ke akun Tiktok–nya, @andisalsaa_s, dan kemudian menjadi viral di sosial media. Sebuah akun Instagram @makassar_iinfo turut membagikan video itu.

Kontan para warganet pun menjadi tersentuh hatinya melihat video kakek yang mengenakan seragam SMA itu. Mereka terharu dengan semangat Kekek itu tetap melaksanakan ibadah di kala pandemi ini meski hanya dengan mengenakan seragam SMA.

"Sedih lihatnya, penampilan nomor sekian salatnya yang utama nggih kek, semoga sehat selalu," komentar seorang warganet.

"Mungkin itu sindiran buat anak-anak muda yang masih SMA, yang sehat jasmani tapi enggak mau salat Id kali, positif thinking aja," warganet lain menambahkan komentar.

"Semoga sehat selalu kek," kata beberapa warganet mendoakan.

Tak sampai di situ, warganet pun meminta agar Caca membuka donasi untuk membantu Kakek Sakka. Keluarga Caca kemudian membuka donasi bagi siapapun yang ingin membantu kakek itu. source

0 Komentar

close