22 Kali Gempa Terjadi di Gayo Lues Aceh dalam 9 Jam

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat 22 gempa bermagnitudo 2 hingga 3 terjadi di Gayo Lues, Aceh. Puluhan gempa itu hanya terdeteksi di alat pemantau.

"Sejak pukul 04.00 WIB hingga 13.00 WIB hari ini, teman-teman on duty coba merekap bahwa ada 22 kejadian gempa bumi tektonik yang berdasarkan hasil analisa parameternya berpusat di Gayo Lues," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie, Djati Cipto Kuncoro, kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Baca juga : Gempa 5,3 M Guncang Sumba Barat Daya NTT

Gempa M 3,5 terjadi pada pukul 09.42 WIB dengan kedalaman 2 km. Selang beberapa menit kemudian, terjadi gempa M 3,0 pada pukul 09.56 WIB.

Djati mengatakan gempa di tenggara Gayo Lues itu hanya direspons oleh sensor-sensor yang terpasang di beberapa wilayah di Aceh. Kekuatan gempa, katanya, antara M 2 dan M 3.

"Kita masih terus memonitor, terkait anomali dan karena belum adanya dampak kerusakan serta dampak dirasakan sehingga kita belum dapat menyimpulkan gempa utama serta gempa susulan. Kita sedang melihat tren kejadiannya," jelas Djati.

Belum ada laporan korban ataupun kerusakan akibat ke-22 gempa tersebut. Tak ada potensi tsunami yang dipicu gempa tersebut. source

0 Komentar

close