Dipertanyakan DPRA, Plt Gubernur Aceh Jawab Proyek Multiyears–Penanganan COVID

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan DPRA dalam hak interpelasi. Nova menjawab 16 pertanyaan yang diajukan legislatif.

Rapat paripurna penyampaian jawaban Nova digelar di Gedung DPR Aceh di Banda Aceh, Jumat (24/9/2020). Sidang dipimpin Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin serta hadiri anggota dewan.

Salah satu pertanyaan yang dijawab Nova terkait dana refocusing penanganan Corona di Aceh. Nova awalnya menjelaskan landasan hukum melakukan refocusing hingga tahapan proses yang dilakukan.

Nova mengatakan, dana refocusing dari Rp 1,7 triliun berubah menjadi Rp 2,3 triliun karena ada beberapa alasan. Nova menyebut jumlah pendapatan transfer Pemerintah Aceh pada awalnya belum ada kepastian, sehingga jumlah refocusing anggaran yang semula direncanakan Rp1,7 triliun masih belum final dan dapat berubah sesuai kondisi dan kebutuhan prioritas.

"Kemudian Pemerintah Aceh melakukan rasionalisasi kembali pagu dari SKPA–SKPA terhadap kegiatan–kegiatan yang sebelumnya diperkirakan dapat dilaksanakan, rasionalisasi tersebut menjadi Rp2,3 triliun," kata Nova dalam penjelasannya.

Nova lalu berbicara realisasi anggaran tersebut. Menurut Nova bantuan khusus penanganan COVID–19 untuk 23 kabupaten/kota untuk penanganan kesehatan, ketahanan pangan, pemberdayaan dampak ekonomi, pengaturan dan pergerakan orang di perbatasan, sebesar Rp300 milyar, dan terhadap realisasi pasca dilakukan pembahasan bersama dengan kabupaten/kota pada tanggal 5 Agustus 2020 transfer baru dilakukan pada 2 September 2020 karena menunggu transfer dari Pemerintah Pusat.

"Sampai saat ini realisasi bantuan khusus penanganan COVID–19 kepada kabupaten/kota, sejak tanggal 2 sampai dengan 22 September 2020 sebesar 66% untuk 16 kabupaten/kota," jelas Nova.

Selain itu, jelas Nova belanja hibah kepada pemerintah Rp80 milyar dengan realisasi nol persen. Nova juga menyebut ada dana yang dihibah kepada 150 OKP dan Ormas sebesar Rp 15 miliar dengan realisasi nol persen.

"Pada saat ini sedang dilakukan identifikasi data penerima, agar tidak terjadi tumpang tindih dengan BLT dari Pemerintah Pusat dan BUMN lainnya," beber Nova.

Nova juga menjelaskan ada dana hibah untuk PMI Kota Banda Aceh sebesar Rp 6,5 miliar dengan realisasi nol persen. Selain itu, juga ada bantuan sosial dampak ekonomi dan sosial safety net Rp1,502 triliun, bidang ekonomi Rp200 milyar dan social safety net Rp1,3 triliun realisasi nol persen.

"Belum adanya realisasi dikarenakan akan digunakan jika terjadi PSBB di Aceh dan itupun apabila dana tersebut ditransfer oleh Pemerintah Pusat ke Aceh, alasan selanjutnya program social safety net merupakan kebijakan nasional sehingga kita sangat hati–hati untuk merealisasikan dana dimaksud untuk menghindari tumpang tindih," kata Nova. source

0 Komentar

close