Kisah Haru Nurjanah Berjuang Melahirkan di Tengah Jalan Samarkilang Bener Meriah

Seorang ibu yang berasal dari Samarkilang melahirkan di tengah jalan, saat hendak dibawa ke RSUD Muyang Kute Bener Meriah.

Minimnya fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan serta ditambah sarana jalan yang buruk membuat perjalanan dari Samarkilang ke Ibukota Kabupaten terhambat. Belum lagi dalam perjalanan menemukan rintangan jalan licin nan berliku.

Seorang ibu itu kemudian diketahui bernama Nurjanah, warga Samarkilang, Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah, harus berjuang agar proses persalinannya lancar meski harus dilakukan di tengah perjalanan.

Ia pun harus berjibaku dan berjuang sekuat tenaga melahirkan bayinya dengan selamat di tengah jalan.

Bustanul Arifin kerabat dekat dari Nurjanah mengatakan, saudaranya itu telah mengalami kontraksi sejak tadi malam.

“Di Samarkilang hanya ada 1 bidan, sementara tenaga kesehatan di Puskesmas nyaris tak pernah ada,” tegas Bustanul Arifin.

Usai mengalami kontraksi, Nurjanah tak kunjung mengalami bukaan. Ia sempat dibantu oleh dukun kampung di kawasan Samarkilang, namun juga tak mampu memberikan penanganan.

“Maka keluarga memutuskan untuk membawa ke RSUD Muyang Kute untuk operasi. Namun di tengah, tepat di kawasan Pucuk Nuning, ambulance yang membawanya lengket tak bisa lewat,” katanya.

“Sementara kondisi adik saya itu, sudah semakin dekat harus melahirkan. Akhirnya, dia melahirkan dengan selamat pada pukul 09.00 Wib pagi tadi,” kata Bustanul, Kamis 29 Oktober 2020.

Kondisi jalan yang rusak membuat perjalanan menjadi terhambat, sehingga seorang Nurjanag yang menumpang mobil ambulance terpaksa harus melahirkan dalam kondisi yang sangat menggemaskan.

Tikarpun terlihat digelar ditengah jalan, tampak terlihat banyak orang, juga ada bidan membantu proses persalinan ditengah perjalanan tersebut.

Diketahui jalan Samarkilang adalah salah satu ruas jalan yang masuk dalam pembangunan proyek Multiyears Pemerintah Aceh, belakangan proyek multiyears tersebut dibatalkan sepihak oleh DPRA. source

0 Komentar

close