Mobil Berpelat Dinas Militer Dipakai Sipil: Hari ini Menghadap Puspomad

Kolonel CPM Purnawirawan, Bagus Heru Sucahyo siap dimintai keterangannya hari ini, Senin (5/10/2020) oleh Pusat Polisi Militer TNI AD (Puspomad) terkait video viral. Yaitu berisikan warga sipil tengah menggunakan mobil dinas TNI model Toyota Fortuner dan nomor registrasi 3688–34.

Keterangan ini disampaikan langsung oleh Komandan Puspomad, Letjen TNI Dodik Widjanarko.

Sedianya, Kolonel (Purn) CPM Bagus Heru Sucahyo dipanggil untuk dimintai keterangan Suherman Winata alias Ahon, warga sipil pengguna mobil dinas itu pada Sabtu (3/10/2020). Namun yang bersangkutan berdomisili di Bandung, Jawa Barat, sehingga meminta penjadwalan ulang pemanggilan menjadi hari ini, Senin (5/10/2020).

"Terhadap Kolonel CPM Bagus Heru Sucahyo karena berdomisili di Bandung, yang bersangkutan menyanggupi akan hadir pada Senin, 5 Oktober (hari ini) untuk dimintai keterangan," jelas Letjen TNI Dodik Widjanarko.

Seorang anggota Puspomad menunjukkan kendaraan dinas milik TNI Angkatan Darat yang digunakan oleh warga sipil yang viral di media sosial. 

Dalam pemanggilan ini, Letjen TNI Dodik Widjanarko mengatakan tujuan Puspomad adalah memperdalam perihal mobil dinas yang dipinjampakaikan bisa digunakan oleh Ahon. Selain itu, juga akan dimintai kelengkapan surat–surat kendaraan seperti STNK hingga BPKB.

"Apabila nanti dari semua hasil penyelidikan didapatkan suatu bukti awal pelanggaran hukum, akan diproses dengan tegas, sesuai hukum yang berlaku," tandasnya.

Awal kejadian adalah beredarnya video di media sosial berdurasi dua menit yang memperlihatkan sebuah mobil kategori Sport Utility Vehicle atau SUV bercat hijau dengan pelat nomor kendaraan dinas milik TNI AD tengah parkir di salah satu rumah makan. Dan diperlihatkan pula seorang warga sipil tampak mengendarai mobil ini.

Pengguna adalah Suherman Winata alias Ahon. Dari hasil pemeriksaan pendahuluan, nomor registrasi dipinjampakaikan Puspomad kepada Kolonel (Purn) CPM Bagus Heru Sucahyo. Puspomad meminjamkan nomor registrasi itu mulai 2017 hingga saat ini.

Kemudian Puspomad melakukan pemanggilan kepada Kolonel (Purn) CPM Bagus Heru Sucahyo untuk menjelaskan peruntukan mobil dinas TNI model Toyota Fortuner bernomor registrasi 3688–34 itu. source

0 Response to "Mobil Berpelat Dinas Militer Dipakai Sipil: Hari ini Menghadap Puspomad"

Post a Comment