Sedang Dikerjakan, Jembatan Malboro di Agara Roboh

Sebuah jembatan yang pupuler dengan sebutan Marlboro menghubungkan Kota Kutacane Kecamatan Babussalam dengan Kute Pulonas Baru Kecamatan Lawe Bulan, Aceh Tenggara (Agara), Rabu hari ini (4/11/2020) sekira pukul 12.00 WIB, ambruk ke dasar sungai.

Ambruknya jembatan penghubung dua wilayah dalam kawasan Kota Kutacane itu tak ayal membuat warga sekitarnya heboh. 

Rangkaian jembatan beton berkonstruksi besi berbiaya Rp900 juta itu ambruk ke sungai, diduga akibat peranca jembatan yang berada di dasar sungai tidak kuat menahan beban ketika ditimpa coran material.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, tetapi puluhan pekerja tengah berada di lokasi. Namun kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

Sujarno, Konsultan Pengawas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan robohnya jembatan di Simpang Marlboro diduga akibat debit arus sungai Lawe Bulan naik pasca hujan deras pada Selasa malam.

Bahkan, sebelum melakukan pengecoran lantai jembatan itu, pihaknya sudah mengingatkan pihak rekanan untuk meriksa serta menambah peranca yang berada di dasar sungai. Meski peranca telah ditambahkan, namun di luar dugaan jembatan itu ambruk seketika ketika pengecoran tengah berlangsung.

"Ambruknya jembatan ini masih tanggung jawab pihak rekanan, hari ini juga kita instruksikan untuk dibongkar dan seluruh biaya masih dibebankan kepada pihak rekanan, sebab ini merupakan kelalaian mereka," ungkap Sujarno. (*)

0 Komentar

close