Tim SAR Cari Warga Aceh Utara yang Hilang Tenggelam saat Mencari Ikan di Sungai

Seorang warga dilaporkan hilang tenggelam saat mencari ikan di sungai, Gampong Blang Manyak, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Senin (9/11). Tim SAR gabungan diterjunkan untuk mencari warga yang dilaporkan hilang tersebut.

Foto: Basarnas Banda Aceh

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh, Budiono, mengatakan warga yang dilaporkan hilang tenggelam diketahui bernama Safwandi (45). Ia hilang terseret arus dan tenggelam saat hendak mengambil jaring ikan.

 "Pukul 11.18 WIB, kami memerintahkan tim Rescue Pos Siaga SAR Bireuen bergerak ke lokasi untuk melakukan pencarian," ujar Budiono kepada awak media, Senin (9/11) siang.

Ia menjelaskan, peristiwa itu bermula saat korban bersama dua orang anak menjaring ikan di sungai tersebut. Lalu pada saat hendak mengambil jaring ikan, korban terseret arus dan tenggelam. 

"Kemudian kedua anak tersebut melaporkan kejadian itu kepada warga setempat. Informasi itu kemudian disampaikan ke Pos Siaga SAR Bireuen," jelasnya.  

Selain tim Rescue Pos Siaga SAR Bireuen, kata Budiono, pencarian warga yang dilaporkan hilang terseret arus itu melibatkan beberapa pihak. Di antaranya BPBA Aceh Utara, Koramil Sawang, Polsek Sawang, Satgas SAR Aceh Utara, dan masyarakat.

"Untuk sarana dan peralatan yang dikerahkan dalam pencarian, terdiri dari satu unit rubber boat, pal water rescue, pal alat komunikasi, pal selam, responder bag dan APD hazmat," ujarnya. source

0 Komentar

close