Milad GAM 4 Desember Diisi dengan Doa Zikir dan Ziarah

Banda Aceh - Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, Muzakir Manaf atau Mualem menginstruksikan para kader dan seluruh eks kombatan GAM untuk menggelar peringatan 4 Desember atau HUT GAM seperti biasa.

Muzakir Manaf.

Pesan Mualem, peringatan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) diisi dengan doa bersama, menyantuni anak yatim, dan berziarah ke makam para pejuang GAM, kata Jubir KPA (Komite Peralihan Aceh) Pusat, Azhari Cagee kepada wartawan, Minggu (29/11/2020).

“Mualem menginstruksikan kepada jajaran KPA ban sigom Aceh, peringatan 4 Desember seperti biasa seperti tahun-tahun sebelumnya saja. Itu instruksi Mualem,” kata Azhari Cagee.

Tujuan memperingati 4 Desember, lanjutnya, agar masyarakat Aceh tidak lupa pada sejarah. Karena bertepatan dengan tanggal tersebut, sebuah sejarah di masa lalu pernah terjadi dan tentu membekas kepada masyarakat Aceh bahkan dunia hingga saat ini.

“4 Desember suatu sejarah yang terjadi di Aceh dan wajib, tidak bisa dilupakan. Wajib dikenang dan 4 Desember ini kita peringati seperti biasa, doa, zikir dan ziarah,” katanya.

Terkait isu pengibaran bendera yang setiap tahun dikaitkan menjelang 4 Desember, Azhari Cagee menyebutkan, KPA tidak menyuruh dan melarang pengibaran bendera tersebut.

“Kita tidak menyuruh dan tidak melarang. Kenapa? Karena itu sudah menjadi bendera Aceh sesuai Qanun Nomor 3 tahun 2013. Maka KPA tidak dalam kapasitas menyuruh dan melarang. Nanti kalau menyuruh dan melarang akan dianggap itu bendera KPA. Padahal itu bendera jelas bendera Aceh sesuai qanun,” katanya.

Menurut Azhari Cagee, yang berhak menindaklanjuti terkait polemik bendera Aceh adalah Gubernur Aceh dan DPRA (Dewan Perwakilan Rakyat Aceh). Cagee juga menyebutkan, bahwa pada tahun 2018 saat dia masih menjabat Ketua Komisi I DPRA, pernah menyerahkan bendera bintang bulan kepada Nova Iriansyah yang saat itu menjabat Wakil Gubernur Aceh, dalam sidang paripurna.

“Beliau menerima dan juga berjanji akan memperjuangkan. Nah sekarang tentu yang berhak mengeluarkan Pergub terkait bendera adalah gubernur. Kita mengharapkan beliau segera menindaklanjuti, sebagaimana janjinya saat itu,” kata Azhari Cagee

Azhari Cagee juga menjawab terkait isu akan adanya pergerakan massa ke Banda Aceh saat 4 Desember nanti. “Menurut informasi yang kita terima sampai saat ini belum ada pembentukan panitia, belum ada persiapan apapun dan instruksi apapun. Maka itu tidak kita tanggapi,” pungkas Azhari Cagee. source

0 Komentar

close