Ratusan Massa FPI Aceh Datangi Polres Lhokseumawe Minta HRS Dibebaskan

Seratusan massa yang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI), melakukan aksi damai dengan beberapa tuntutan. Massa yang mendatangi Polres Lhokseumawe, menggelar aksi damai di halaman mapolres dengan melantunkan Dzikir, Jumat 18 Desember 2020.

Foto: Pujatv Aceh

Menurut surat yang diberikan oleh FPI Aceh, pihaknya memiliki beberapa tuntutan yang diajukan kepada pihak kepolisian, yaitu pembebasan Habib Rizieq, meminta keadilan bagi enam orang anggota yang tertembak, serangan terhadap ulama serta aktivis harus dihentikan serta pihak Pemerintah RI harus melakukan dialog dengan Habib Rizieq guna mencari solusi terbaik.

Ketua FPI Aceh Muslem At Tahiri, menyatakan pecinta Habib sudah mulai marah dan kecewa, pihaknya juga meminta Pemerintah Indonesia jangan membangkitkan amarah rakyat. Dia juga mengecam, bagi partai yang berada di DPR RI, khususnya DPR Aceh yang tidak berbicara akan dianggap partai pengkhianat dan partai yang mengkriminalkan ulama.

“Jangan macam-macam dengan rakyat, nanti saat pemilu partai-partai juga akan membutuhkan rakyat, jangan membuat rakyat marah,” pungkasnya.

Dia menambahkan, apabila tuntutannya tidak digubris maka pihaknya akan mengerahkan massa yang lebih banyak dari 212 dan siap berangkat ke Jakarta untuk menuntut keadilan.

Sementara itu, Khairul Rizal sebagai Panglima FPI Aceh menyatakan, penembakan yang dilakukan kepada enam anggota FPI tersebut merupakan pelanggaran hak azasi manusia yang berat telah dilakukan. Pihaknya, hanya mempelajari bela diri sebagai olahraga. Oleh karena itu dirinya membantah, terkait dugaan adanya senjata api di kalangan FPI.

“Bagi kami, diharamkan ada yang membawa senjata tajam sejenis pisau, apa lagi senjata api, itu sungguh tidak mungkin,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, menjelaskan pihak FPI tidak melayangkan izin untuk menggelar aksi damai tersebut, personel yang dikerahkan untuk aksi damai itu mencapai 400 orang. Seluruh tuntutan FPI, nantinya akan dilaporkan kepada pimpinan dan melihat tindak lanjutnya.

“Untuk penahanan Habib mereka menerima proses hukum itu, dan dia tadi berdoa agar proses hukum itu dilakukan dengan baik,” ucapnya. source

0 Komentar

close