Sempat Berkibar di Masjid Raya Banda Aceh, Bendera Bulan Bintang Akhirnya Diturunkan

Sejumlah massa mengibarkan bendera Bulan Bintang di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, sekitar pukul 09.30 WIB. Bendera itu berkibar sekitar 15 menit lalu diturunkan. 

Bendera bulan bintang berkibar di Masjid Raya Baiturrahman.

Pengibaran bendera Bulan Bintang itu dilakukan para mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dalam rangka memperingati Milad yang ke 44, di Halaman Mesjid Raya, Banda Aceh, Jum'at (4/12/2020). 

Baca Juga: Milad GAM di Banda Aceh Diwarnai Konvoi Bendera Bulan Bintang

Menurut informasi dari salah orang mantan Kombatan GAM, ada sebanyak 4000 masa yang datang dari berbagai daerah berkumpul di Halaman Mesjid Raya.

Tampak Polisi dan TNI melakukan penjagaan ketat saat ribuan orang mengatasnamakan masyarakat Aceh mengibarkan bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di halaman Masjid Raya Baiturrahman dalam rangka memperingati Milad GAM pada tanggal 4 Desember 2020.

Dandim 0101 Banda Aceh, A.R. Rangkuti mengatakan, bahwa sebelumnya penyampaian aspirasi oleh Kombatan GAM tidak ada pemberitahuan.

Meski begitu, aksi tersebut tidak menimbulkan kerusuhan. Ia mengatakan, meski bendera Bulan Bintang itu sempat berkibar, namun para kombatan itu mengerti arahan dari aparat keamanan bahwa tidak ada bendera selain Merah Putih yang berkibar. 

"Mereka mengibarkan bendera itu bukan sebagai lambang separatis. Tapi mereka hanya menyampaikan aspirasinya saat hari milad GAM ke 44," kata Dandim. (*)

0 Komentar

close