Pesantren Serambi Mekkah di Aceh Barat Terbakar

Sebanyak 14 bilik santri di Pesantren Serambi Mekkah, Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, ludes terbakar, Kamis (21/1). Akibatnya, 41 santri kehilangan harta benda dan tempat menginap. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Petugas melakukan pemadaman api yang membakar bilik santri di Pesantren Serambi Mekkah, Johan Pahlawan, Aceh Barat. Foto: Dok. acehkini

Pimpinan Pesantren Serambi Mekkah Teungku Mutawalli mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16:30 WIB atau setelah salat Asar. Kebakaran diketahui setelah santri dari bilik lain berteriak. Sementara santri yang tinggal di bilik tersebut sedang mengikuti zikir maulid di desa lain. Tengku Mutawalli memperkirakan kerugiannya mencapai ratusan juta.

Baca Juga: Jadi Kapolri, Komjen Sigit: Tak Ada Lagi Hukum Tajam ke Bawah Tumpul ke Atas

"Setelah ada yang berteriak makanya tahu, anak-anak ini pun tidak berbuat apa-apa mungkin karena panik asrama yang terbakar. Jadi barang-barang, kitab, dan lain-lain tidak berhasil diselamatkan, ludes semua," katanya kepada jurnalis, Kamis (21/1) sore. 

Sementara itu, Koordinator Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Ahmadsyah mengatakan, api sudah membesar sewaktu menerima informasi kebakaran itu. Dua unit mobil pemadam kebakaran lalu dikerahkan ke lokasi.

Baca Juga: Tiga Polisi Ditilang Polisi Saat Razia Khusus di Bener Meriah

“Ini bahan yang mudah terbakar karena dalam lima menit (bangunan) sudah ludes. Udara pun sangat panas, jadi rambatan api menjalar dengan cepat,” katanya.

Ahmadsyah belum dapat memastikan penyebab kebakaran. “Hasilnya (penyelidikan) nanti dari kepolisian, kalau kami menerka-nerka nanti hasilnya tidak benar," sebutnya. source

0 Komentar

close