Tips Agar Mata Tetap Sehat

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Mata juga bisa disebut jendela dunia, 80 persen informasi yang kita terima hasil dari penglihatan mata. Mata yang normal dan sehat dapat melihat apa saja yang ada di sekeliling kita. Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu merawat mata agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusak mata.

Banyak sekali orang mengeluhkan sakit mata diantaranya, mata kemerahan, penglihatan kabur, mata nyeri dan perubahan bentuk/gerak bola mata. Penyakit seperti bisa saja menyerang pada mata secara tiba-tiba. Namun penyakit umum yang sering dialami kebanyakan orang adalah rabun mata atau dikenal dengan penyakit miopi. Faktor penyebab penyakit miopi ini dikarenakan mata yang terus beraktivitas seperti membaca buku, menoton tv dan bermain game secara terus-menerus.

Selain itu juga ada sejumlah penyakit mata seperti, kelelahan mata (Astenopia), hipermetropi, presbiopi, katarak dan buta warna. Oleh karena itu, ada banyak hal yang perlu anda lakukan secara rutin dalam menjaga kesehatan pada mata. Berikut ini adalah Tips agar mata tetap sehat :

1. Batasi Waktu Menonton TV

Mata yang selalu digunakan untuk menonton televisi lambat laun akan mengalami kerabunan. Apalagi jarak anda saat menonton tv terlalu dekat, memang tidak ada batasan khusus yang dianjurkan mengenai jarak antara mata dengan tv. Tapi biasanya jarak antara mata dan tv sejauh 50 centi meter. Jika terlalu dekat akan menimbulkan penyakit mata yang dikenal dengan nama hipermetropi atau rabun jarak dekat. Batasilah waktu menonton televisi yang anda lakukan bersama keluarga. 

2. Hindari Kucek Mata

Bila mata anda terasa gatal jangan langsung dikucek tangan. Karena tangan yang kotor dapat membuat terjadi iritasi pada mata. Sebaiknya gunakan tisu halus untuk membersihkan kotoran yang ada diarea mata. Atau jika perlu bersihkan mata anda mengggunakan air bersih.

3. Istirahatkan Mata

Istirahatkanlah mata anda bila sudah lelah. Jangan terlalu memaksakan mata anda tetap terbelalak bila anda kantuk. Sebaiknya istirahatkan mata anda dengan waktu yang cukup agar mata kembali segar dan fresh.

4. Banyak Minum Vitamin A

Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel. Vitamin A yang terkandung pada wortel cukup bagus untuk menjaga kesehatan mata anda.

5. Jangan Merokok

Merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit termasuk katarak pada mata. Bagi perokok mulailah berhenti merokok demi kesehatan mata anda.

Mitos vs Fakta

1. Komputer merusak retina o.k radiasi gelombang beta:

- Secara eksperimental bisa terjadi tapi tidak ada evidence base dalam prakteknya

2. Banyak makan wortel mencegah / mengurangi mata minus:

- Nutrisi baik utk kesh mata, tapi tdk berpengaruh terhadap status refraksi

3. Sering mengucek mata menyebabkan kebutaan:

- Lebih pada buruknya higiene yang dpt menyebabkan penyakit

4. Membaca sambil tiduran berbahaya:

- Menambah kelelahan mata

- Tidak ergonomis

- Hubungan dengan mata minus tidak didasari evidence base

5. Melihat TV dekat-dekat merusak mata:

- Tergantung jarak 4 x diagonal

- Tergantung radiasi TV

6. Juling pada bayi nantinya normal sendiri:

- Bisa normal bila terjadi pd usia < 4 bulan

- Berbagai sebab, periksakan ke dokter.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Komentar

close