Korban Kamp Muslim Uighur Ungkap Penyiksaan dan Pemerkosaan China

Tursenay Ziawudun adalah salah satu orang yang selamat dari kamp-kamp rahasia China di mana lebih dari 1 juta Muslim Uighur telah ditahan. Dia sekarang berada di Amerika Serikat (AS) menceritakan kisahnya dan berharap dapat menyelamatkan orang lain.

Baca Juga: Identitas Diketahui, Polisi Buru Pembakar Bendera Merah Putih Hingga ke Malaysia

Tursenay Ziawudun (kanan) orang yang selamat dari kamp pendidikan ulang di Xinjiang, China. Foto/shahit.biz

"Kami membutuhkan semua orang untuk membantu, bukan hanya Amerika," katanya kepada Fox News yang dilansir Sabtu (6/2/2021). "Kami manusia, tapi cara mereka menyiksa gadis-gadis dan bahkan laki-laki ini seperti kami ini binatang."

Baca Juga: Imam Gampong Selingkuh dengan Janda 4 Anak, Langsung Dinikahkan Warga

Tursenay sempat tinggal di Kazakstan dengan suaminya, tetapi kembali ke China barat laut untuk bekerja; dan berharap menjadi perawat. Suatu hari saat berjalan dengan suaminya, dia diambil dari jalan dan dimasukkan ke kamp. Satu-satunya yang dianggap sebagai kejahatannya adalah agamanya.

Selama sebulan, dia menjalani pendidikan ulang paksa—belajar tentang kehebatan China dan Presiden Xi Jinping jam demi jam, sambil disuruh untuk menyangkal Islam. Dia dibebaskan karena sakit maag.

Beberapa bulan kemudian, dia dipanggil kembali. Dia pikir itu akan menjadi kunjungan pertama, tetapi sebaliknya semuanya berbeda. Kamp-kamp itu telah berkembang—mereka lebih seperti penjara. Dia diganggu, dan serangan konstan adalah rambut para penghuni kamp dipotong

"Pertama, mereka menanggalkan pakaian saya. Kemudian anting-anting saya dirobek, sehingga telinga saya berdarah—tetapi saya tidak merasakan sakitnya. Saya merasa lebih buruk untuk seorang wanita tua, seperti seorang nenek. Mereka menanggalkan semuanya dan terus jatuh ke tanah, dan mereka terus mendorong dan menariknya ke atas dan terus jatuh. Bagaimana Anda bisa melakukan itu pada seorang Ibu?," paparnya.

Baca Juga: Bawa Sabu 2 Kg, 4 Warga Aceh Ditangkap di Bandara Kualanamu

Apa yang terjadi selanjutnya lebih buruk, menurutnya, sembilan bulan pemerkosaan berkelompok, pemukulan dengan kekerasan dan penyiksaan dengan pukulan ternak.

"Setiap wanita di bawah 40 tahun diperkosa," kata Tursenay. "Setiap orang di kamp mengalami hal ini. Dan tentu saja saya juga mengalaminya. Saya juga dipukuli—saya ditendang dan diinjak—begitu banyak di bagian pribadi saya sehingga saya berdarah, dan sejak itu saya harus menjalani pengangkatan ovarium."

Menurutnya, sekitar selusin orang ditahan di setiap sel, dan hampir setiap malam seseorang dilecehkan atau dihilangkan.

Sekitar 10.000 orang berada di kampnya. Tursenay mengatakan dia sadar akan sterilisasi paksa dan diberi suntikan yang tidak diketahui setiap dua minggu.

Penyiksaan itu, lanjut dia, terus-menerus. Banyak teman satu selnya dipatahkan dan tidak dapat berbicara lagi. Dia bilang dia melihat orang lain, termasuk anak laki-laki dipukuli sampai habis.

Setelah sembilan bulan menderita, putus asa dan sakit, dia dibebaskan dan melarikan diri dari China, dengan bantuan Uyghur Human Rights Project. Dia bilang dia tidak bisa memaafkan apa yang telah dilakukan padanya.

"Saya akhirnya menyadari bahwa tidak ada yang namanya bahasa China yang baik, penyiksaan, penyiksaan mental dan fisik...mereka tidak punya hati," kata Tursenay.

Pemerintah China selama ini mengatakan tindakan keras itu tentang kontraterorisme dan deradikalisasi, tetapi bulan lalu pemerintah AS menyebutnya genosida, dan ada tekanan yang meningkat pada pemerintah lain untuk melakukan hal yang sama.

Tursenay mengatakan dia hanya berharap ceritanya dapat melakukan sesuatu untuk menghentikan pelecehan yang terjadi. source

0 Komentar

close