Tips Mengetahui Ada Penyusup di Jaringan WiFi Kita

Apabila di rumah anda memiliki koneksi internet dengan jaringan WiFi sendiri, maka hal terpenting yang harus anda perhatikna adalah faktor keamanan jaringan anda.

Baca Juga: Janda Ini Hamil Tanpa Seks, Katanya Ada Angin Kencang Masuk ke Kemaluan

Aplikasi android Fing

Sebab bisa saja orang lain masuk dan mengakses jaringan wireless tersebut dengan berbagai teknik hacking demi mendapatkan akses internet, misalnya menebak password atau menembus kata sandi WiFi tersebut.

Sebetulnya ada banyak cara untuk memonitor siapa saja atau perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi kita. Salah satu yang paling umum adalah login ke laman admin dari router provider masing-masing melalui browser internet. 

Baca Juga: Soal Janda Hamil Tanpa Hubungan Seks, BKKBN Beri Tanggapan, Begini Penjelasannya

Namun, hal ini bisa dibilang kurang praktis karena memakan waktu, anda harus membuka browser dan login dengan memasukkan username dan password ke laman tersebut.

Cara lainnya adalah menggunakan berbagai macam aplikasi pemantau jaringan WiFi yang bisa dipasang di smartphone, seperti Fing - Network Scanner yang tersedia di toko Google Play Store dan Apple App Store. 

Menariknya, aplikasi ini juga tersedia di komputer desktop (Windows/Mac) ini bisa melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi, meski kita tidak melakukan login ke halaman admin router. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Cara pakai Fing

Pertama, pastikan Anda tersambung dengan jaringan WiFi Anda sendiri. 

Lalu, unduh aplikasi Fing dari Google Play Store/App Store. Usai terpasang, buka aplikasi tersebut dan klik tombol "Scan for devices".

Setelah dibiarkan beberapa detik, Fing akan menampilkan daftar perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi anda.

Bisa dilihat pada layar smartphone anda, ada daftar perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut, lengkap dengan nama produsen, model perangkat, alamat IP (IP address), dan MAC address-nya.

Anda bisa mengeklik salah satu perangkat yang ada di tampilan ini untuk mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai perangkat tersebut.

Apabila itu bukan perangkat yang dikenal, anda bisa langsung mencatat nomor MAC address perangkat itu dan memblokirnya di laman admin router yang bisa diakses melalui browser internet. (rdk)

0 Komentar

close