Pekerja Bangunan di Aceh Barat Tertancap Besi Cor

Seorang buruh bangunan, Herizal (21) terjatuh saat memasang kubah masjid di Desa Meureubo, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Perjuangan Ibu Melahirkan Dirujuk ke RS di Banda Aceh Pakai Kapal Nelayan



Akibatnya peristiwa itu besi cor menancap di dadanya dari sebelah kanan tembus ke belakang sebelah dada kiri.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda melalui Kapolsek Meureubo Ipda Vitra Ramadani menyebutkan, peristiwa yang menimpa korban tertusuk besi itu murni akibat kecelakaan.

"Menurut keterangan beberapa saksi yang melihat langsung korban itu murni kecelakaan," kata Ipda Vitra, Kamis (11/3/2021).

Korban kini dirujuk dari RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh ke RSUZA Banda Aceh menjalani operasi pencabutan besi di dadanya.

Peristiwa bermula saat korban terjatuh dari atas saat memasang kubah masjid, sehingga ketika itu korban terpeleset dan akhirnya jatuh dan tertancap besi besi cor.

Kejadian itu membuat para pekerja lainnya panik, sedangkan korban tidak bisa bergerak banyak dan terpaksa harus dilakukan pemotongan besi tersebut lebih dulu dengan menggunakan gerinda sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Kondisi korban hanya bisa dalam posisi sujud karena besi berukuran panjang yang masih menembus dadanya belum bisa dilepaskan, sehingga membuat ruang geraknya semakin sulit, disamping harus menahan rasa sakit yang luar biasa.

"Pertolongan pertama dilarikan ke RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, karena tidak mampu dilakukan penanganan di sana dengan kondisi yang parah itu, dan korban sudah dirujuk ke RSUZA Banda Aceh untuk operasi pencabutan besi di dadanya," kata Keuchik Meureubo, Kecamatan Meureubo M Lizan SE, Kamis (11/3/2021).

Ia menambahkan, besi yang menancap di dada korban tertusuk di samping sebelah kanan dan tembus ke belakang dada kiri.

Saat dibawa ke rumah sakit korban masih sadarkan diri, namun dia tidak bisa banyak bergerak karena sakit di bagian dalamnya.

"Kita tidak mengetahui apakah besi yang menancap di dadanya terkena di bagian jantung atau tidak, namun kita doakan semoga ia selamat," kata M Lizan.

Sementara pekerja tersebut merupakan warga Binjai, Sumatera Utara, yang dibawa oleh perusahan yang mengontrak pembangunan Kubah Masjid Meureubo.

Kubah Masjid yang sedang dibangun tersebut dikontrak oleh salah satu perusahaan, sehingga pekerja atau tenaga ahli bidang kubah Masjid itu kewenangan dari pihak perusahan yang dibawa sebagai tenaga kerja. source

0 Komentar

close