Kabinda Papua Gugur, Ditembak di Belakang Kepala Oleh KKB Kelompok Lekagak Telengen

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Putu Dani Nugraha Karya gugur usai ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) kelompok Lekagak Telengen di Beoga, Puncak, Papua. BIN menyebut Brigjen Putu tertembak di bagian kepala.

Baca Juga: Viral! Guru Penjas Bilang Pemerkosaan Itu Sedap, Siswinya Curhat di TikTok

Kabinda Papua I Gusti Putu Danny Karya Nugraha (kiri) dan KKB Lekagak Telenggeng (kanan)

Juru Bicara BIN, Wawan Purwanto menjelaskan kronologi kontak tembak senjata yang terjadi antara Satgas BIN dengan kelompok KKB. Saat itu, kata Wawan, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri tengah melakukan patroli menuju Desa Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Baca Juga: RI Tak Punya Kapal Penyelamat Kapal Selam, Minta Bantuan Malaysia, Singapura dan India

"Pada hari Minggu, tanggal 25 April 2021, Satgas BIN Bersama dengan Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kp. Dambet Distrik Beoga Kab. Puncak dalam rangka observasi lapangan dan pengejaran Bersama Pasukan TNI-Polri untuk Pemulihan Keamanan di sekitar SDN Dambet dan Honai Milik Benert Tinal (Kepala Suku Distrik Beoga) yang dibakar pada tanggal 17 April 2021 serta untuk memotong Pergerakan Pok KSB ke Illaga," kata Wawan dalam keterangannya, Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: Pasukan Israel Dipukul Mundur dari Lokasi Bentrokan, Warga Palestina Rayakan Kemenangan

Di tengah perjalanan, sekitar pukul 15.50 WIT, Brigjen Putu beserta Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri dihadang oleh kelompok KKB. Saat itulah aksi baku tembak pun terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

Brigjen Putu, kata Wawan, terkena tembakan saat kontak tembak tersebut. Menurutnya Brigjen tertembak di bagian kepala.

Baca Juga: Fatimah Az Zahra Calon Istri UAS Seorang Ustazah dan Hafizah Al Qur'an

"Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen Pol. Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan Gugur sebagai Kusuma Bangsa," jelas Wawan.

Sementara itu, Kepala BIN, Jenderal (Purn) Budi Gunawan menyebut peristiwa ini menadakan BIN serius menangani KKB di Papua. Menurutnya ini pertanda BIN juga proaktif menjaga stablitas keamanan Papua.

Baca Juga: KRI Nanggala 402 Ditemukan, Tenggelam di Kedalaman 838 Meter, Terbelah Menjadi Tiga Bagian

"Hal ini menandakan BIN bersikap proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan Papua. Patut diapresiasi Semua ini karena Kepala BIN Jenderal (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan serius dalam penanganan Papua agar tetap menjadi bagian NKRI," pungkasnya.

Seperti diketahui, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Beoga, Puncak, Papua. Jenazah Brigjen Putu segera dievakuasi.

Baca Juga: Viral Video Diduga Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 Bernyanyi Bersama Lagu ‘Sampai Jumpa’

"Betul, beliau gugur, akibat ditembak KKSB pada jam 15.30 WIT di Beoga. Saat ini jenazah masih berada di Beoga, sementara masih kita monitor terus, rencana besok baru kita evakuasi," kata Panglima Kodam XVII Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono kepada wartawan, Minggu (25/04/21). source

0 Komentar

close