Panglima TNI: 53 Awak Kapal KRI Nanggala Gugur saat Menjalankan Tugas

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang dipastikan meninggal dunia. Hal ini diketahui berdasarkan hasil citra bawah air secara visual menggunakan kamera.

Baca Juga: Viral Video Diduga Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 Bernyanyi Bersama Lagu ‘Sampai Jumpa’

Hadi menuturkan bagian dari KRI Nanggala yang meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, hingga baju keselamatan awak kapal MK 11 telah ditemukan.

Baca Juga: Tumpahan Minyak dan Serpihan Ditemukan, Bukti Autentik KRI Nanggala-402 Tenggelam

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ujar Hadi dalam konferensi pers, Minggu (25/4).

"Oleh karena itu dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI saya menyatakan bahwa 53 personel yang onboardKRINanggala402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaikHiu Kencana telah gugur saat menjalankan tugas di perairan utara Bali". kata Hadi.

Baca Juga: Viral Ustad Abdul Somad Akan Nikahi Gadis 19 Tahun Asal Jombang

"Atas nama prajurit dan keluarga besar TNI, selaku panglima saya sampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan yang maha besar memberikan keiklasan, kesabaran dan ketabahan," imbuh Hadi.

Hadi menjelaskan bahwa KRI Nanggala sebelumnya telah dinyatakan sub sunk atau tenggelam.

Baca Juga: Viral Diduga Kecewa Larangan Mudik, Sopir Travel Ngamuk Pecahkan Kaca Mobil

Ia menuturkan, tim satgas SAR telah mengerahkan seluruh kemampuan sejak Sabtu (24/4) malam untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala. Kemudian KRI Rigel melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi menggunakan magnetometer.

"Sehingga dapat menghasilkan citra bawah air yang lebih detail," katanya.

Baca Juga: Polisi Ciduk Pemilik Akun FB Alu Basoka di Aceh Timur yang Posting 'Buka Pendaftaran GAM' 

Diketahui, setelah empat hari pencarian intensif, kemarin Sabtu (24/4) sejumlah benda berhasil ditemukan di dekat lokasi tumpahan minyak. Antara lain pelurus torpedo, pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan, alas yang dipakai oleh ABK untuk beribadah, solar hingga pelumasan untuk naik turun periskop kapal selam.

Baca Juga: Viral Pelecehan Seksual, Pria Pegang Bokong Wanita yang Sedang Shalat

Selain itu ditemukan juga sponge untuk menahan panas di dalam lambung kapal sehingga tidak terjadi kondensasi. source

0 Komentar

close