Polres Aceh Timur Patroli Perairan Selat Malaka, Cegah Warga India Masuk Indonesia

Polres Aceh Timur memperketat pengawasan Selat Malaka untuk mencegah masuknya Warga Negara (WN) India. Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro mengatakan beredar isu WN India akan masuk melalui perairan tersebut. 

Baca Juga: Viral Video Diduga Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 Bernyanyi Bersama Lagu ‘Sampai Jumpa’

Personel Polair Polres Aceh Timur memeriksa kapal nelayan yang hendak masuk ke Dermaga PPN Idi, Aceh Timur, Sabtu (24/4).  Foto: ANTARA

"Tidak tertutup kemungkinan WN India masuk ke Indonesia melalui Aceh menyusul tingginya kasus COVID-19 di negara itu," kata Eko dikutip dari Antara, Minggu (25/4). 

Baca Juga: Tumpahan Minyak dan Serpihan Ditemukan, Bukti Autentik KRI Nanggala-402 Tenggelam

Ia menyebut, pengetatan itu sebagai bentuk antisipasi. Selain itu, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpol Airud), Satuan Sabhara, dan seluruh kepolisian sektor (polsek) juga diturunkan untuk melakukan patroli. 

"Informasi kami terima, sedang terjadi eksodus dari India menuju Indonesia. Ini harus dicegah. Kami juga mengimbau masyarakat segera melaporkan jika ada hal mencurigakan, terutama di perairan," tambahnya. 

Baca Juga: Panglima TNI: 53 Awak Kapal KRI Nanggala Gugur saat Menjalankan Tugas 

Selain antisipasi WN India, ia menambahkan langkah ini juga untuk mencegah masuknya narkotika dan barang terlarang lainnya. 

"Beberapa pengungkapan tindak pidana penyalahgunaan narkotika dari luar negeri berada di wilayah hukum Polres Aceh Timur. Narkotika masuk melalui jalur laut," pungkasnya. 

Baca Juga: Viral Ustad Abdul Somad Akan Nikahi Gadis 19 Tahun Asal Jombang

Sebelumnya, sekitar 200 WN asal India telah memasuki Indonesia pada 10 April dan 21 April 2021. Dari ratusan WN India yang masuk Indonesia, total 21 di antaranya dinyatakan positif COVID-19. source

0 Komentar

close