Bandingkan SBY dan Jokowi Soal Palestina, Demokrat Permalukan SBY

PARTAI Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang membandingkan rekam jejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi) soal penanganan krisis di Palestina dikritik. Mereka disebut hanya mempermalukan SBY. 

Baca Juga: Wanita Muda Ini Bunuh Diri Setelah Diarak Telanjang Karena Kedapatan Selingkuh

ANTARA/Puspa Perwitasari

"Itu adalah sebuah kekeliruan dan hanya akan mempermalukan SBY," kata Direktur Eksekutif Qodari School of Politics (QSP) Muhammad Rahmad dalam keterangan tertulis, Jumat (14/5). 

Baca Juga: Sengit! Israel Dihujani Ratusan Roket dan Serangan Udara dari Gaza, Perang Besar Menanti

Rahmad menyinggung AHY, anggota DPR Fraksi Demokrat Anton Sukartono Suratto, dan Deputi Badan Komunikasi Strategi (Bakomstra) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Ricky Kurniawan yang mengomentari konflik Palestina dan Israel. Bahkan, Ricky membandingkan rekam jejak SBY yang disebut lebih hebat.

Baca Juga: Erdogan Tuntut Israel Hentikan Serangan Keji dan Kejam ke Palestina

"Demokrat kubu AHY tidak mengikuti perkembangan hubungan diplomasi Indonesia dengan Palestina dan dunia internasional," papar dia. 

Menurut Rahmad, Indonesia gigih berkomunikasi dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Dewan Keamanan PBB. Hal itu sudah dilakukan sebelum Demokrat kubu AHY bicara soal Palestina. 

Rahmad mencontohkan Indonesia telah berbicara di debat terbuka Dewan Keamanan PBB soal Palestina dan Timur Tengah, 23 April lalu. Dalam forum itu, Indonesia menyampaikan rencana Israel untuk aneksasi Tepi Barat Palestina tidak hanya melanggar hukum internasional. Wacana itu juga mengancam proses perdamaian Israel-Palestina dan stabilitas di kawasan. 

Baca Juga: Erdogan Telepon Presiden Rusia Putin, Ajak Beri 'Pelajaran' ke Israel

"Indonesia telah mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera menghentikan rencana Israel tersebut," tutur dia. 

Sebelumnya, Ricky mengomentari konflik Palestina di era pemerintahan SBY dan Jokowi. Hal itu dia tulis melalui akun Twitter @RicKY_KCh, Selasa (11/5) pukul 12.26 WIB. 

"Membahas Palestina di era pemerintahan SBY langkah-langkah nyata untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina telah dilakukan melalui pertemuan dengan negara-negara Arab dan PBB. Kalau sekarang boro-boro berunding negara-negara Arab, yang ada negara kita di-blacklist oleh Arab Saudi untuk ibadah hajinya," cicit Ricky. source

0 Komentar

close