Pemerintah Aceh Tiadakan Takbir Keliling Diganti Dengan Takbir di Masjid

Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam mengatakan meniadakan pawai takbir keliling pada hari raya Idul Fitri tahun ini, dikarenakan masih masa pandemi dan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Eks Wakil FPI Aceh Ditangkap Polisi Gegara Ajak Pemudik Terobos Penyekatan 

“Mengingat masa pandemi masih berlangsung untuk itu takbir keliling ditiadakan dan diganti dengan lomba takbir yang dilaksanakan masjid-masjid yang telah ditetapkan,” kata Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, EMK Alidar di Banda Aceh, Senin.

Baca Juga: Mudik Lokal di Aceh Diizinkan, Polisi Bongkar Pos Penyekatan

Alidar menjelaskan untuk pelaksanaan lomba takbir lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah akan digelar di 25 masjid di Banda Aceh dan Aceh Besar yang telah ditetapkan dan nantinya dewan juri yang akan menilai langsung di setiap masjid.

“Pelaksanaan lomba takbir di masjid merupakan salah satu upaya mengurangi mobilisasi masa pada titik tertentu,” katanya.

Baca Juga: Polisi Tangkap 2 Pengedar Sabu 1,1 Kg di Aceh Utara

Menurut Alidar dalam perlombaan takbir lebaran Idul Fitri 2021 tersebut seluruh peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dan tempat pelaksanaan tetap di dalam masjid.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan takbir dalam merayakan malam lebaran tetap dapat dilaksanakan di setiap masjid dan meunasah yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Baca Juga: Pamit ke Istri Mau Sholat, Suami Ini Ternyata Mesum dengan Wanita di Kamar Kos

Perlu diketahui, setiap lebaran Idul Fitri khususnya Pemerintah Aceh melaksanakan pawai takbir keliling yang diikuti mobil hias dan peserta  jalan kaki dengan menyusuri jalan protokol Banda Aceh, namun karena pandemi kegiatan tersebut ditiadakan. (*)

0 Komentar

close