Presiden Jokowi Pulang Mudik ke Solo, Cek Faktanya

Beredar sebuah video iring-ringan rombongan kendaraan Presiden Joko Widodo yang dinarasikan dalam video tersebut sedang pulang kampung di tengah larangan mudik Lebaran. Video beredar di facebook.

Baca Juga: Petugas Gabungan Razia 12 Pasangan Mesum di Penginapan 

Akun facebook Joko Kovid membagikan video ini pada 8 Mei 2021. Dalam video tersebut si perekam mengatakan kendaraan plat B RI 1 pulang kampung. Dalam unggahannya ia memberikan kutipan sebagai berikut.

Baca Juga: Pemudik Berenang Karena Jembatan Suramadu Ditutup, Cek Faktanya

"*_Rakyat nya dlarang pulang kampung... diri nya pulang kampung . rezim yg selalu memberi contoh yg tdk baik_*????????"

Penjelasan:

Dari hasil penelusuran, klaim Presiden Joko Widodo pulang kampung adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah iring-iringan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Surabaya.

Baca Juga: Diberi Tumpangan Tempat Tinggal Malah Maling, Pemuda Aceh Tamiang Ini Diringkus Polisi

Hal itu diketahui dari plat nomor kendaraan bertanda L dalam video tersebut. Plat L mencakup wilayah Kota Surabaya. 

Dilansir dari liputan6.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis, 6 Mei kemarin. 

Baca Juga: Viral Kelas Yoga Orgasme di Bali, Imigrasi Periksa Bule Kanada

Presiden diagendakan menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong yang terletak di Kabupaten Lamongan. Jokowi akan meninjau sarana dan prasarana fasilitas perikanan tersebut serta berdialog dengan perwakilan nelayan setempat.

Di Lamongan, Jokowi juga direncanakan untuk meninjau pabrik pengolahan makanan laut yang menjalankan ekspor hasil olahan ke mancanegara.

Baca Juga: Imam Masjid di Riau Dipukul OTK Saat Shalat Subuh, Pelaku Diamankan Polisi

Dari Lamongan, Jokowi bergerak menuju Kota Surabaya untuk mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya. Presiden diagendakan bertolak kembali menuju Jakarta pada Kamis sore harinya.

Kesimpulan:

Klaim Presiden Joko Widodo pulang kampung adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah iring-iringan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Surabaya.

Baca Juga: 85 WN China Tiba di Indonesia Pakai Pesawat Sewaan

Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada. source

0 Komentar

close