Tentara Turki Tiba di Palestina Lengkap dengan Kendaraan Tank, Ini Faktanya

Sebuah video yang menyebutkan tentara Turki menggunakan tank beredar di media sosial. Video berdurasi 1 menit 32 detik itu disebut-sebut saat Tentara Turki tiba di Palestina.

Baca Juga: Kenapa Palestina Tidak Punya Tentara? 

"Ketibaan pejuang turqy di tanah palestina".

Penelusuran

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut adalah salah. Dalam artikel medcom berjudul "[Cek Fakta] Video Pasukan Turki Tiba di Palestina? Ini Faktanya" pada 14 Mei 2021, dijelaskan bahwa kedatangan Tentara Turki bukan di Palestina.

Baca Juga: Bandingkan SBY dan Jokowi Soal Palestina, Demokrat Permalukan SBY

Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim video pasukan militer Turki tiba di Palestina untuk membantu melawan pasukan militer Israel adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah pasukan militer Turki yang akan bertempur dalam Operasi Ranting Zaitun melawan pemberontak Kurdi.

Video tersebut diunggah di kanal youtube Aksu TV Haber dengan judul "Kahramanmara’ta Mehmetcie sevgi seli" pada 14 Februari 2018.

Baca Juga: Dukung Perjuangan Rakyat Palestina, Raja Salman Kutuk Aksi Keji Israel

Dalam keterangan video tersebut warga menyambut konvoi militer di daerah perbatasan dalam Operasi Ranting Zaitun. Warga mengadakan upacara perpisahan di pusat distrik Pazardzhik, Kahramanmaras.

Dilansir dari voaindonesia.com, Turki melancarkan operasi “Ranting Zaitun” pada 20 Januari menyerang milisi Satuan Perlindungan Rakyat Kurdi Suriah, YPG,di wilayah kantong Afrin, mendukung pasukan oposisi Suriah dengan serangan udara dan pasukan darat. Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengancam akan meluaskan serangan terhadap YPG ke Manbij, yang terletak di timur Afrin.

Baca Juga: Erdogan Tuntut Israel Hentikan Serangan Keji dan Kejam ke Palestina

Hubungan antara Ankara dan Washington memburuk sejak Turki melancarkan operasi militer itu. Amerika menyerukan Turki untuk menahan diri dan menyatakan kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap perang melawan ISIS.

Salah satu isu yang menegangkan hubungan kedua negara adalah fakta bahwa Amerika mempersenjatai milisi YPG sejak tahun lalu, dalam pertempuran melawan ISIS.

Baca Juga: [Video] Serangan Balasan dari Hamas, Tembakan 200 Roket ke Israel

Kesimpulan

Video yang disebut-sebut saat Tentara Turki tiba di Palestina adalah hoaks. Video sudah beredar sejak 14 Februari 2018, atau saat warga menyambut konvoi militer Turki di daerah perbatasan dalam Operasi Ranting Zaitun.

Baca Juga: Duh! Belasan Remaja Tepergok Mesum di Hotel saat Malam Takbiran

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. source

0 Komentar

close